Ganti Oli Motor Matic: Berapa KM Ganti Oli Motor Matic?
Ganti Oli Motor Matic: Berapa KM Ganti Oli Motor Matic?

Ganti Oli Motor Matic: Berapa KM Ganti Oli Motor Matic?

Februari 5, 2022

Ganti Oli Motor Matic: Berapa KM Ganti Oli Motor Matic?

Ganti Oli Motor Matic: Berapa KM Ganti Oli Motor Matic? – Menganti Oli motor adalah perkara rutinitas yang wajib dilakukan oleh pemilik kendaraan, dalam buku petunjuk kendaraan, diterangkan secara detail proses kapan waktunya ganti oli motor matic secara berkala, secara umum oli mesin khusus sepeda motor wajib diganti setiap menempuh jarak 2500KM sampai dengan 3000KM.

Dibeberapa produk oli yang beredar banyak menawarkan kelebihan pelumas untuk motor matic anda, pesoalannya apakah teknologi yang digunakan sudah mengandung aditif yang berkualitas? ada baiknya anda cek terlebih dahulu rekomendasi oli motor terbaik di indonesia yang sudah pernah kami rilis pada artikel sebelumnya.

Lantas pertanyaan sederhananya adalah, bagaimana jika motor matic anda jarang digunakan bahkan tidak pernah dipakai? apakah waktu penggantian oli atau oil refreshment ini tetap harus dilaksanakan sesuai buku petunjuk, yaitu sesudah tempuh jarak 2500-3000 km?

Ini Alasan Kenapa Harus Ganti Oli Motor Matic Secara Berkala
Kenapa Harus Ganti Oli Motor Matic Secara Berkala

Secara teknis mengganti oli motor memang wajib dilakukan walau motor Anda jarang-jarang dipakai atau memang belum menempuh jarak minimum (2500 km). alasannya adalah, setelah masuk ke ruang mesin, oli akan tercampur dengan komponen mesin, dan bisa saja salah satunya ialah karbon bekas pembakaran, bubuk yang lain dan gr.

Hanya perbedaannya, bila motor yang umum dipakai waktu penggantian olinya ditetapkan oleh jarak tempuh. Karena itu motor yang jarang-jarang dipakai (lama diletakkan), oli masih harus diganti sesuai waktu taruh motor itu, yaitu per 6-12 bulan.

Jika anda menginginkan produk oli dengan ketahanan cukup lama dan bahkan usia pemakaian cukup lama juga ada baiknya menjajal kehebatan Oli X-TEN matic berteknologi base oil ester yang sudah terbukti sanggup bertahan sampai dengan usia pemakaian 5000KM.

BACA JUGA:  Scan Tool Mobil OBD2 Diagnostic Terbaik di Tahun 2022

Yakinkan Motor Dipanaskan Setiap Hari

Pada artikel sebelumnya kita pernah membahas tentang apakah memanaskan motor matic injeksi masih perlu, bagaimana jika tidak dipanaskan dan alasan apa harus dipanaskan? anda bisa membaca lengkap penting atau tidaknya kendaraan kesayangan anda dipanaskan setiap hari.

Kembali pada topik utama, walau jarang-jarang dipakai, tidak berarti motor itu bisa di diamkan demikian saja. Malah kebalikannya, motor yang lama diletakkan dan tak pernah dipanaskan, lebih gampang hancur daripada motor yang teratur dipakai, tetapi dirawat secara teratur. terutama dalam perawatan ganti oli

Dalam kondisi kendaraan diam tidak bergerak lama dianjurkan untuk memanaskan motor tiap hari. Triknya, hidupkan motor dengan memakai kick starter untuk kurangi beban dinamo starter. setelah mesin menyala diamkan tanpa digas selama 3-5 menit saja.

Baca Juga:

Motor Injeksi Jangan Sampai Habis Bensin Ini Resikonya

Ini Alasan Kenapa Harus Ganti Oli Motor Matic Secara Berkala

Selain memanaskan motor setiap hari ada banyak hal lain yang harus anda perhatikan jika kondisi kendaraan jarang digunakan, yaitu :

  • Letakan motor di lokasi yang kering (tidak lembab).
  • Taruh motor memakai standard tinggi (bukan standard parkir).
  • Bila ingin diletakkan atau ditinggal dalam waktu yang lama, menguras bak bensin motor Anda.
  • Janganlah lupa, membersihkan motor secara periodik, minimalnya harus di-lap memakai lap halus dan kering. Sebagai alternative, Anda juga dapat singkirkan debu yang tutup permukaan motor dengan memakai kemoceng. Selamat mempraktikkan!

Dari beberapa faktor diatas apa alasan harus ganti oli motor matic secara berkala?

Selama masa pemakaian, oli sepeda motor Anda akan mengikat kotoran dari hasil pembakaran, yaitu serbuk besi atau gr karena adanya gesekan pada komponen mesin. jadi jika oli dibiarkan dalam waktu yang lama dan tidak segera diganti, maka akan menyebabkan endapan tersebut menumpuk di ruang mesin, yang dapat dengan mudah menyebabkan kerusakan pada mesin motor matic anda.

BACA JUGA:  Merk Ban Mobil Terbaik di Tahun 2023, Ini Dia Pilihannya

Ini alasan utama anda wajib ganti oli motor matic secara berkala selain faktor diatas tujuannya adalah untuk menyaring residu dan kotoran di dalam oli. Selain itu, ada beberapa merek oli yang saat ini mengandung bahan aditif dan dispersan yang dapat membantu membersihkan residu lengket pada mesin Anda.

Ini Alasan Kenapa Harus Ganti Oli Motor Matic Secara Berkala

Setelah masa pemakaian lama, komponen aditif dalam oli sepeda motor Anda akan aus, seperti pembersihan, anti oksidasi, mencegah reaksi kimia akibat lingkungan, mesin anti aus, maka disarankan untuk menggunakan oli yang memang tahan lama dalam usia pemakaian, disini anda bisa membaca artikel kami sebelumnya bagaimana tips memilih rekomendasi oli motor matic terbaik untuk kendaraan anda.

Kembali pada topik alasan kenapa harus ganti oli motor matic secara berkala, karena jika dibiarkan lama, maka komponen aditif ini akan mengalami perubahan sifat yang akan sangat merugikan mesin motor matic anda. Jadi sebaiknya ganti oli motor matic secara berkala untuk memastikan bahwa komponen aditif dalam oli selalu memadai untuk melindungi mesin. .

Alasan lainnya, mungkin sudah banyak yang tahu. Oli adalah urat nadi dari komponen yang mencuci permukaan detail mesin. sehingga kinerja mesin motor matic anda akan tetap terjaga dan dalam kondisi prima

Semoga membantu yah sob

Salam Otomotif

Add a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Recent Posts

About Us

Torque
Torque
Blog Editor

Menulis bukan sekedar hoby, tapi menjadikan tulisan ada di halaman #1 pencarian Google (SERP) merupakah sesuatu yang tidak dapat dinilai dengan apapun. Karena menjadi yang terbaik adalah sebuah keinginan bukan cita-cita yang bisa dicapai hanya dengan rebahan.

Business Partner

Listing Terbaru

Bengkel Nawilis Ban Bogor, Spesialis Spooring Balancing
Hubungi Kami
General Service
Specialist

Newsletter

Subscribe newsletter kabar bengkel untuk mendapatkan informasi diskon produk dan artikel baru kami

Cari bengkel mobil terdekat di kota mu kini lebih mudah dengan situs kabarbengkel.com, pilih jaringan bengkel di sini dan nikmati pengalaman servis yang lebih baik dengan berbagai dukungan dari bengkel ternama dan modern di kota mu.
Open Chat
1
Kabar Bengkel Dotcom
Hallo Kak 👋
Ada yang bisa kami bantu?