Scanner Motor Injeksi OBD2 Terbaik di Tahun 2023, Ini Daftarnya!
Scanner Motor Injeksi OBD2 Terbaik di Tahun 2023, Ini  Daftarnya!

Scanner Motor Injeksi OBD2 Terbaik di Tahun 2023, Ini Daftarnya!

Scanner Motor Injeksi OBD2 Terbaik di Tahun 2023, Ini Daftarnya!

Kabar Bengkel – Scanner motor injeksi adalah perangkat elektronik yang digunakan untuk membaca kode kesalahan pada sistem injeksi bahan bakar pada motor. Sistem injeksi pada motor modern menggunakan sensor, aktuator, dan komputer untuk mengontrol proses injeksi bahan bakar ke mesin. Scanner motor injeksi dapat membaca kode kesalahan yang dihasilkan oleh sistem injeksi, yang dapat membantu pemilik motor dan teknisi dalam mengidentifikasi masalah pada sistem injeksi dan melakukan perbaikan yang diperlukan.

Scanner motor injeksi bekerja dengan menghubungkan ke port OBD-II (On-Board Diagnostic) pada motor. Port OBD-II biasanya terletak di dekat dasbor atau di bawah kemudi motor. Setelah terhubung, scanner akan membaca kode kesalahan yang dihasilkan oleh sistem injeksi dan menampilkan informasi pada layar scanner.

Beberapa scanner motor injeksi juga dapat membaca data hidup atau data parameter yang dihasilkan oleh sistem injeksi pada motor, seperti kecepatan mesin, suhu pendingin, tekanan udara, dan lain-lain.

Fungsi Scanner Untuk Motor Injeksi

scanner motor injeksi terbaik

Scanner motor injeksi dapat membantu pengguna dalam mengidentifikasi berbagai masalah pada sistem injeksi bahan bakar, seperti:

  1. Kinerja bahan bakar yang buruk
  2. Lampu Check Engine yang menyala
  3. Mesin susah dihidupkan
  4. Mesin bergetar atau tidak stabil
  5. Mesin kehilangan tenaga atau performa
  6. Konsumsi bahan bakar yang berlebihan
  7. Bunyi mesin yang tidak normal

Setelah masalah pada sistem injeksi teridentifikasi, scanner motor injeksi dapat membantu teknisi atau pemilik motor untuk melakukan perbaikan yang diperlukan. Beberapa scanner motor injeksi juga dilengkapi dengan opsi untuk menghapus kode kesalahan yang telah terbaca setelah perbaikan telah dilakukan.

Scanner motor injeksi memiliki berbagai macam fitur dan spesifikasi, seperti layar, bahasa yang didukung, jangkauan bacaan, jenis kode kesalahan yang dapat dibaca, dan lain-lain. Oleh karena itu, sangat penting untuk memilih scanner motor injeksi yang sesuai dengan merek dan model motor yang dimiliki.

Selain itu, pastikan juga untuk memperhatikan instruksi penggunaan yang terlampir pada scanner, serta melaksanakan tindakan perbaikan dengan benar dan mengikuti rekomendasi teknisi untuk memperbaiki masalah pada sistem injeksi motor.

Kelebihan Bengkel Motor Menggunakan Alat Scanner

Menggunakan alat scanner pada bengkel motor memiliki beberapa kelebihan, antara lain:

  1. Mempercepat proses diagnosis: Dalam bengkel motor, menggunakan alat scanner dapat mempercepat proses diagnosis masalah pada motor. Alat scanner dapat membaca kode kesalahan pada sistem injeksi motor dengan cepat dan memberikan informasi yang akurat tentang masalah yang dihadapi. Hal ini membantu teknisi untuk menemukan masalah pada motor dengan lebih cepat dan akurat, sehingga waktu yang diperlukan untuk memperbaiki motor menjadi lebih singkat.
  2. Mendeteksi masalah yang tidak terlihat: Alat scanner dapat membaca kode kesalahan pada sistem injeksi motor yang mungkin tidak dapat dideteksi secara visual atau mekanis. Misalnya, alat scanner dapat membaca kode kesalahan pada sensor yang mungkin tidak berfungsi dengan baik atau memberikan sinyal yang tidak akurat. Dengan alat scanner, teknisi dapat mengidentifikasi masalah yang tidak dapat dideteksi dengan cara konvensional dan memperbaikinya dengan lebih efektif.
  3. Menyediakan informasi yang lebih detail: Alat scanner dapat memberikan informasi yang lebih detail tentang masalah pada motor. Selain membaca kode kesalahan pada sistem injeksi motor, alat scanner juga dapat membaca parameter hidup atau data streaming dari sensor pada motor. Informasi ini membantu teknisi untuk memahami secara rinci kondisi motor dan menemukan penyebab masalah dengan lebih baik.
  4. Menyediakan solusi perbaikan yang lebih efektif: Dengan menggunakan alat scanner, teknisi dapat menentukan solusi perbaikan yang lebih efektif dan akurat. Setelah membaca kode kesalahan pada sistem injeksi motor, alat scanner dapat memberikan rekomendasi solusi perbaikan yang diperlukan untuk mengatasi masalah pada motor. Hal ini membantu teknisi untuk memperbaiki motor dengan lebih efektif dan mencegah masalah yang sama terjadi di masa depan.
  5. Meningkatkan kepercayaan pelanggan: Dengan menggunakan alat scanner, bengkel motor dapat memberikan pelayanan yang lebih profesional dan transparan kepada pelanggan. Pelanggan dapat melihat hasil diagnosis masalah pada motor mereka secara langsung dan memahami dengan jelas masalah yang dihadapi. Hal ini meningkatkan kepercayaan pelanggan pada bengkel motor dan membantu membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan.
BACA JUGA:  Berapa Lama Service AC Mobil? Ini Yang Perlu Anda Ketahui

5 Scanner Motor Injeksi OBD2 Terbaik

Berikut adalah beberapa daftar scanner motor injeksi terbaik yang dapat digunakan oleh bengkel motor atau mekanik, Namun, perlu diingat bahwa daftar di bawah ini tidaklah lengkap dan hanya sebagai referensi.

Pemilihan scanner motor injeksi terbaik tergantung pada kebutuhan dan budget Anda sebagai pengguna. Selalu lakukan riset sebelum memutuskan untuk membeli scanner motor injeksi agar mendapatkan produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda:

1. KONNWEI KW590

scanner motor injeksi terbaik

Scanner ini adalah salah satu scanner motor injeksi yang murah dan populer di Indonesia. Scanner ini dapat membaca dan menghapus kode kesalahan pada kendaraan serta memantau data langsung pada kendaraan.

Beberapa fitur utama dari KONNWEI KW590 adalah:

  1. Membaca kode kesalahan: Scanner ini dapat membaca kode kesalahan (trouble code) yang terkait dengan sistem kendaraan, baik itu mesin, transmisi, sistem kelistrikan, dan lainnya.
  2. Reset lampu check engine: KONNWEI KW590 dapat mereset lampu check engine pada kendaraan setelah masalah telah diperbaiki.
  3. Pemantauan data langsung: Scanner ini dapat memantau data langsung pada kendaraan, termasuk suhu mesin, kecepatan putaran mesin, tekanan oli, dan lainnya.
  4. Konektivitas: KONNWEI KW590 dapat terhubung ke kendaraan melalui port OBD2 atau OBDII dan dapat digunakan pada berbagai jenis kendaraan, termasuk mobil dan motor dengan sistem injeksi terbaru.
  5. Layar yang mudah digunakan: Scanner ini dilengkapi dengan layar LCD yang mudah digunakan dan dapat menampilkan informasi dengan jelas.
  6. Portable: Alat ini ringan dan portabel, sehingga mudah dibawa dan digunakan di berbagai tempat.

Kelebihan lain dari KONNWEI KW590 adalah desainnya yang sederhana dan mudah digunakan, sehingga cocok untuk penggunaan pribadi maupun oleh bengkel motor atau mekanik. Selain itu, harga KONNWEI KW590 juga terjangkau dibandingkan dengan scanner motor injeksi lainnya, sehingga cocok bagi pengguna yang memiliki budget terbatas.

Beli Produk Melalui Tokopedia

2. Foxwell NT301

scanner motor injeksi terbaik

Scanner ini dilengkapi dengan layar berwarna dan dapat membaca dan menghapus kode kesalahan pada kendaraan. Selain itu, scanner ini juga dapat memantau data langsung pada kendaraan dan menampilkan informasi penting seperti suhu mesin, kecepatan putaran mesin, dan lainnya.

Foxwell NT301 adalah scanner motor dan mobil yang dapat membantu mendiagnosis masalah pada kendaraan. Alat ini dilengkapi dengan fitur-fitur yang dapat membaca dan menghapus kode kesalahan pada kendaraan serta memantau data langsung pada kendaraan.

Beberapa fitur utama dari Foxwell NT301 adalah:

  1. Membaca kode kesalahan: Scanner ini dapat membaca kode kesalahan (trouble code) yang terkait dengan sistem kendaraan, baik itu mesin, transmisi, sistem kelistrikan, dan lainnya.
  2. Reset lampu check engine: Foxwell NT301 dapat mereset lampu check engine pada kendaraan setelah masalah telah diperbaiki.
  3. Pemantauan data langsung: Scanner ini dapat memantau data langsung pada kendaraan, termasuk suhu mesin, kecepatan putaran mesin, tekanan oli, dan lainnya.
  4. Konektivitas: Foxwell NT301 dapat terhubung ke kendaraan melalui port OBD2 atau OBDII dan dapat digunakan pada berbagai jenis kendaraan, termasuk mobil dan motor dengan sistem injeksi terbaru.
  5. Layar yang mudah digunakan: Scanner ini dilengkapi dengan layar berwarna yang mudah digunakan dan dapat menampilkan informasi dengan jelas.
  6. Portable: Alat ini ringan dan portabel, sehingga mudah dibawa dan digunakan di berbagai tempat.
  7. Harga yang terjangkau: Foxwell NT301 adalah scanner motor injeksi yang cukup terjangkau dibandingkan dengan beberapa scanner motor injeksi lainnya yang memiliki fitur serupa.
BACA JUGA:  Komponen Transmisi CVT Mobil yang Menggerakkan Roda

Selain fitur-fitur di atas, Foxwell NT301 juga dilengkapi dengan beberapa fitur tambahan, seperti fungsi freeze frame, fungsi baca VIN, dan fungsi menampilkan kode kesalahan dalam bentuk grafik.

Beli Produk Melalui Tokopedia

3. Autophix OM123

scanner motor injeksi terbaik

Autophix OM123 adalah scanner motor injeksi yang terjangkau dengan kemampuan yang baik. Scanner ini dapat membaca dan menghapus kode kesalahan pada kendaraan serta menampilkan informasi penting seperti suhu mesin, kecepatan putaran mesin, dan lainnya.

Berikut adalah beberapa fitur utama dari Autophix OM123:

  1. Membaca kode kesalahan: Scanner ini dapat membaca dan menghapus kode kesalahan pada kendaraan. Scanner ini dapat membaca dan menghapus kode kesalahan terkait dengan sistem kendaraan, termasuk mesin, transmisi, sistem kelistrikan, dan lainnya.
  2. Tampilan informasi penting: Scanner ini dapat menampilkan informasi penting seperti suhu mesin, kecepatan putaran mesin, tekanan bahan bakar, dan lainnya.
  3. Konektivitas: Autophix OM123 dapat terhubung ke kendaraan melalui port OBD2 atau OBDII dan dapat digunakan pada berbagai jenis kendaraan, termasuk mobil dan motor dengan sistem injeksi terbaru.
  4. Layar yang mudah digunakan: Scanner ini dilengkapi dengan layar LCD yang mudah digunakan dan dapat menampilkan informasi dengan jelas.
  5. Portable: Alat ini ringan dan portabel, sehingga mudah dibawa dan digunakan di berbagai tempat.

Kelebihan lain dari Autophix OM123 adalah harganya yang terjangkau dan desainnya yang sederhana sehingga mudah digunakan oleh pengguna yang tidak terlalu berpengalaman dalam mendiagnosis kendaraan. Namun, perlu diingat bahwa scanner motor injeksi yang terjangkau seperti Autophix OM123 mungkin memiliki keterbatasan dalam kemampuan dan fitur-fiturnya dibandingkan dengan scanner yang lebih mahal. Oleh karena itu, pastikan untuk melakukan riset sebelum memutuskan untuk membeli scanner motor injeksi agar mendapatkan produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Beli Produk Melalui Tokopedia

4. Launch Creader CR3001

Launch Creader CR3001

Launch Creader CR3001 adalah scanner motor injeksi yang terjangkau dengan kemampuan yang baik. Scanner ini dapat membaca dan menghapus kode kesalahan pada kendaraan serta menampilkan informasi penting seperti suhu mesin, kecepatan putaran mesin, dan lainnya.

Berikut adalah beberapa fitur utama dari Launch Creader CR3001:

  1. Membaca kode kesalahan: Scanner ini dapat membaca dan menghapus kode kesalahan pada kendaraan. Scanner ini dapat membaca dan menghapus kode kesalahan terkait dengan sistem kendaraan, termasuk mesin, transmisi, sistem kelistrikan, dan lainnya.
  2. Tampilan informasi penting: Scanner ini dapat menampilkan informasi penting seperti suhu mesin, kecepatan putaran mesin, tekanan bahan bakar, dan lainnya.
  3. Konektivitas: Launch Creader CR3001 dapat terhubung ke kendaraan melalui port OBD2 atau OBDII dan dapat digunakan pada berbagai jenis kendaraan, termasuk mobil dan motor dengan sistem injeksi terbaru.
  4. Layar yang mudah digunakan: Scanner ini dilengkapi dengan layar LCD yang mudah digunakan dan dapat menampilkan informasi dengan jelas.
  5. Portable: Alat ini ringan dan portabel, sehingga mudah dibawa dan digunakan di berbagai tempat.
  6. Desain yang ergonomis: Scanner ini dirancang dengan ergonomi yang baik sehingga nyaman digunakan.

Kelebihan lain dari Launch Creader CR3001 adalah harganya yang terjangkau, kemampuan yang baik, dan mudah digunakan oleh pengguna yang tidak terlalu berpengalaman dalam mendiagnosis kendaraan. Scanner ini juga cocok digunakan oleh bengkel motor atau mekanik yang mencari scanner motor injeksi dengan harga yang terjangkau. Namun, pastikan untuk melakukan riset sebelum memutuskan untuk membeli scanner motor injeksi agar mendapatkan produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

BACA JUGA:  Merk Ban Mobil Terbaik di Tahun 2023, Ini Dia Pilihannya

Beli Produk Melalui Tokopedia

5. Autel AutoLink AL319

Autel AutoLink AL319

Scanner ini adalah scanner motor injeksi yang terjangkau dengan kemampuan yang baik. Scanner ini dapat membaca dan menghapus kode kesalahan pada kendaraan serta menampilkan informasi seperti suhu mesin, kecepatan putaran mesin, dan lainnya.

Autel AutoLink AL319 adalah sebuah scanner OBD2 (On-Board Diagnostics) yang dirancang untuk membantu teknisi mengidentifikasi dan memecahkan masalah pada kendaraan mereka dengan mudah dan efisien. Scanner ini memiliki berbagai fitur dan fungsi yang berguna untuk membantu pengguna memperbaiki masalah di kendaraan mereka sendiri tanpa harus membawa mobil ke bengkel atau dealer.

Berikut adalah beberapa fitur dan fungsi dari scanner Autel AutoLink AL319:

  1. Dapat membaca dan menghapus kode kesalahan pada kendaraan: Scanner ini dapat membaca kode kesalahan yang terkait dengan mesin, transmisi, ABS, SRS, dan sistem lainnya pada kendaraan. Setelah kode kesalahan terbaca, pengguna dapat menghapusnya untuk menghilangkan lampu check engine pada dashboard kendaraan.
  2. Fungsi Freeze Frame: Scanner ini juga memiliki fungsi Freeze Frame yang memungkinkan pengguna untuk melihat kondisi kendaraan pada saat kode kesalahan terjadi. Hal ini memudahkan teknisi untuk menentukan penyebab dan sumber masalah pada kendaraan.
  3. Fungsi I/M Readiness: Scanner ini dapat menampilkan kesiapan kendaraan untuk pengujian emisi, yang menjadi persyaratan untuk pengujian emisi di beberapa negara.
  4. Fungsi Live Data: Scanner ini dapat menampilkan data sensor langsung dari kendaraan selama penggunaan. Data yang ditampilkan meliputi kecepatan kendaraan, putaran mesin, suhu mesin, dan banyak lagi.
  5. Fungsi DTC Lookup: Scanner ini memiliki fungsi DTC Lookup yang memungkinkan pengguna untuk mengakses database kode kesalahan yang terintegrasi untuk mengetahui arti dari kode kesalahan yang terbaca pada kendaraan.
  6. Tampilan LCD: Scanner ini memiliki layar LCD berukuran 2,8 inci yang mudah dibaca dan intuitif. Layar ini menampilkan kode kesalahan, data sensor langsung, dan informasi kendaraan lainnya.
  7. Desain Ergonomis: Scanner ini memiliki desain ergonomis yang memudahkan penggunaan dan handling yang nyaman dengan tangan.

Scanner Autel AutoLink AL319 juga sangat mudah digunakan. Pengguna hanya perlu memasang scanner pada port OBD2 yang ada di kendaraan, kemudian menghidupkan scanner untuk membaca kode kesalahan pada kendaraan. Setelah kode kesalahan terbaca, pengguna dapat mengambil tindakan untuk memperbaiki masalah kendaraan atau menghapus kode kesalahan untuk menghilangkan lampu check engine pada dashboard kendaraan.

Secara keseluruhan, scanner Autel AutoLink AL319 adalah alat yang berguna dan mudah digunakan untuk membantu pengguna kendaraan mengidentifikasi dan memecahkan masalah pada kendaraan mereka dengan efisien. Dengan berbagai fitur dan fungsi yang berguna, scanner ini merupakan pilihan yang bagus untuk teknisi mobil amatir maupun profesional.

Beli Produk Melalui Tokopedia

Kesimpulan

Bengkel roda 2, seperti bengkel motor, menggunakan alat scanner untuk membantu mendiagnosis masalah pada sistem mesin, transmisi, ABS, dan SRS pada kendaraan roda 2. Alat scanner dapat membaca dan menampilkan kode kesalahan pada kendaraan yang dapat membantu teknisi bengkel roda 2 menentukan masalah dan memberikan solusi perbaikan yang tepat. Dengan bantuan alat scanner, teknisi bengkel roda 2 dapat mempercepat proses identifikasi masalah, mengurangi waktu yang diperlukan untuk memperbaiki kendaraan, dan meningkatkan akurasi diagnosis masalah pada kendaraan.

Selain itu, alat scanner juga dapat membantu teknisi bengkel roda 2 merawat kendaraan secara preventif dengan menampilkan data live dari sensor dan sistem kendaraan yang dapat membantu untuk memperbaiki masalah sebelum terjadi kerusakan yang lebih serius pada kendaraan. Hal ini dapat membantu mengurangi biaya perbaikan dan menjaga kinerja dan keamanan kendaraan.

Penggunaan alat scanner motor injeksi sangat penting bagi bengkel roda 2 dalam mendiagnosis masalah dan merawat kendaraan secara preventif untuk menjaga kinerja dan keamanan kendaraan serta mengurangi biaya perbaikan.

Add a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Recent Posts

About Us

Torque
Torque
Blog Editor

Menulis bukan sekedar hoby, tapi menjadikan tulisan ada di halaman #1 pencarian Google (SERP) merupakah sesuatu yang tidak dapat dinilai dengan apapun. Karena menjadi yang terbaik adalah sebuah keinginan bukan cita-cita yang bisa dicapai hanya dengan rebahan.

Business Partner

Listing Terbaru

Bengkel Nawilis Ban Bogor, Spesialis Spooring Balancing
Hubungi Kami
General Service
Specialist

Newsletter

Subscribe newsletter kabar bengkel untuk mendapatkan informasi diskon produk dan artikel baru kami

Cari bengkel mobil terdekat di kota mu kini lebih mudah dengan situs kabarbengkel.com, pilih jaringan bengkel di sini dan nikmati pengalaman servis yang lebih baik dengan berbagai dukungan dari bengkel ternama dan modern di kota mu.
Open Chat
1
Kabar Bengkel Dotcom
Hallo Kak 👋
Ada yang bisa kami bantu?