Memanaskan Motor Matic Injeksi Setiap Pagi, Apa Masih Perlu?
Memanaskan Motor Matic Injeksi Setiap Pagi, Apa Masih Perlu?

Memanaskan Motor Matic Injeksi Setiap Pagi, Apa Masih Perlu?

Februari 5, 2022

Memanaskan Motor Matic Injeksi Setiap Pagi, Apa Masih Perlu?

Cara Memanaskan Motor Matic Injeksi Yang Benar – Salah satu kebiasaan yang sering dilakukan oleh beberapa pemilik kendaraan motor roda 2 ialah memanaskan motor matic injeksi setiap pagi. tujuan dari rutinitas ini agar mesin motor matic tetap tahan lama sekaligus memastikan bahwa keadaan motornya masih tetap prima saat dipakai berkendara.

Tetapi, seiring waktu berjalan, perubahan teknologi berkembang ke arah yang lebih modern lagi. menurut Astra Motor, dalam perkembangan teknologi motor matic lansiran terbaru diberitakan sudah tidak perlu melakukan pemanasan mesin karena telah dibenamkan teknologi terkini pada mesin motor matic anda

Contoh saja pada motor berteknologi fuel injection (FI), anda tidak perlu lagi melakukan pemanasan mesin motor setiap akan beraktivitas berkendara. terutama untuk jarak dekat sob

Meskipun pemberitaan yang sering anda dengar sudah tidak perlu memanaskan motor lagi, anda masih tetap bisa melakukan pemanasan mesin, tapi dengan catatan, anda melakukan sesuai yang disarankan oleh dealer. Misalkan, pada motor dengan mekanisme injeksi anda tidak perlu memanasi motor dengan memutar gasnya berulang-ulang kali. Cukup hidupkan motor dan biarkan sesaat tak perlu digas.

Memanaskan Motor Matic Injeksi Setiap Pagi

Tujuan Memanaskan Motor Matic Injeksi Setiap Pagi

Seperti yang sudah kami ulas tentang tips merawat motor matic injeksi di rumah pada artikel sebelumnya, tujuan dari memanaskan motor matic injeksi adalah agar pelumas motor masuk kedalam setiap celah komponen mesin, sehingga mesin motor siap untuk kita gunakan.

BACA JUGA:  Kelebihan dan Kekurangan Mobil Listrik, Cek Sebelum Membeli

Memanasi mesin motor matic saat sebelum dipakai sama seperti saat anda melakukan pemanasan ketika akan berolahraga. Ini dilaksanakan untuk menghindar terjadi kram atau cidera karena badan yang terkejut saat dibawa untuk melakukan aktivitas olahraga, khususnya olahraga berat.

Nah, memanaskan motor matic injeksi juga kurang lebih sama nih sob. Saat sebuah kendaraan dipanaskan, perputaran oli pada mesin akan berjalan dengan baik. motor juga tidak akan terkejut saat dipakai untuk ngebut dijalan raya, tapi bukan berarti anda kebut-kebutan nih sob!

Untuk jenis oli yang patut anda coba bisa anda lihat pada ulasan rekomendasi oli motor matic terbaik di indonesia yang sudah kami rilis sebelumnya, cek dan ricek yah sob!

Berapakah Lama Waktu Yang Pas Untuk Memanaskan Motor Matic Injeksi?

Biasanya, lama waktunya saat yang direferensikan untuk memanasi mesin bermotor sekitar dimulai dari 3 sampai 5 menit saja. Lebih dari itu tidak disarankan. karena gesekan komponen didalam mesin yang tidak memiliki pergerakan justru tidak baik

Ini karena memanaskan motor matic yang kelamaan tidak bergerak bisa mengakibatkan overheat atau kelebihan panas pada mesin. Jika sudah begitu, niat awalnya untuk membikin mesin lebih tahan lama malah justru akan berpengaruh sebaliknya.

Motor yang kerap alami overheating pasti semakin lebih gampang alami kerusakan pada mesinnya. Disamping itu, hal ini akan membuat motormu lebih boros bahan bakar dan bisa membuat knalpotnya menguning.

Karena itu, pastikanlah anda memanaskan motor sesuai periode yang sudah disarankan.

Panaskan Mesin Motor Matic Menggunakan Kick Stater

Memanaskan Motor Matic Injeksi Setiap Pagi

Memanasi motor pada pagi hari memang lebih dianjurkan memakai sistem kick starter dibanding menggunakan tombol stater yang ada di stang. tujuan utama dari menggunakan kick starter untuk menghidupkan motor pada pagi hari dan mengurangi beban arus kelistrikan pada kendaraan.

BACA JUGA:  Waspadai Penyebab Mobil Overheat dan Cara Mengatasinya!

Disamping itu, memanasi motor pada pagi hari dengan elektrik starter disebut bisa mengakibatkan permasalahan pada elemen kelistrikan motor sekalian memendekkan umur aki. Terutama bila motor yang hendak anda pakai telah lama tidak dihidupkan.

Oleh karena itu, untuk menghindar kerusakan pada accu dan mesin bermotor seharusnya hidupkan motor pada pagi hari secara manual.

Semoga artikel pendek tentang memanaskan motor matic injeksi ini perlu atau tidak dilakukan setiap pagi membantu anda, Supaya semua komponen di dalam motor matic anda masih tetap berperan dengan maksimal, pastikanlah anda ikuti proses perawatan motor yang baik yah sob.

Karena, kerusakan pada satu komponen mesin bisa memengaruhi beberapa hal terhitung pengalaman berkendaramu saat di jalan. Disamping itu, dengan ikuti proses perawatan yang pas anda dapat mengirit biaya perawatan motor matic kesayangan yang dipakai untuk servis motor.

Memanaskan Motor Matic Injeksi Setiap Pagi

Kesimpulan

Memanaskan motor matic injeksi ternyata hanyalah sebuah kebiasaan pengguna karena perkembangan teknologi lama yang masih mewajibkan pengendara agar rutin memanasi mesin motor, dengan kemajuan teknologi saat ini terutama motor matic berteknologi injeksi rutinitas itu tenyata sudah tidak perlu lagi, meskipun sebetulnya memanaskan mesin akan membuat sirkulasi oli lebih lancar.

Bicara tentang bagaimana memilih oli ada baiknya anda pemilik motor matic melihat tips memilih rekomendasi oli motor matic terbaik yang sudah pernah kami tayangkan pada artikel sebelumnya, karena disana lengkap kami jelaskan nilai plus dari produk oli yang akan digunakan oleh pemilik motor.

Semoga Informasi ini membantu yah sob

Salam Otomotif

Referensi artikel dikutip dari Astra Motor

Add a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Recent Posts

About Us

Torque
Torque
Blog Editor

Menulis bukan sekedar hoby, tapi menjadikan tulisan ada di halaman #1 pencarian Google (SERP) merupakah sesuatu yang tidak dapat dinilai dengan apapun. Karena menjadi yang terbaik adalah sebuah keinginan bukan cita-cita yang bisa dicapai hanya dengan rebahan.

Business Partner

Listing Terbaru

Bengkel Nawilis Ban Bogor, Spesialis Spooring Balancing
Hubungi Kami
General Service
Specialist

Newsletter

Subscribe newsletter kabar bengkel untuk mendapatkan informasi diskon produk dan artikel baru kami

Cari bengkel mobil terdekat di kota mu kini lebih mudah dengan situs kabarbengkel.com, pilih jaringan bengkel di sini dan nikmati pengalaman servis yang lebih baik dengan berbagai dukungan dari bengkel ternama dan modern di kota mu.
Open Chat
1
Kabar Bengkel Dotcom
Hallo Kak 👋
Ada yang bisa kami bantu?