Indikator Airbag Menyala? Ini Cara Reset Tanpa Scanner
Indikator Airbag Menyala? Ini Cara Reset Tanpa Scanner

Indikator Airbag Menyala? Ini Cara Reset Tanpa Scanner

Desember 24, 2022

Indikator Airbag Menyala? Ini Cara Reset Tanpa Scanner

Apakah indikator airbag menyala di dasbor mobil Anda, dan apakah Anda ingin tahu cara mematikan lampu indikator airbag menyala tanpa scanner? Ikuti terus artikel kabarbengkel.com sampai habis biar tidak gagal faham nih sob!.

Lampu engine dan airbag adalah beberapa lampu dashboard yang perlu Anda perhatikan jika muncul, terutama lampu airbag karena pentingnya keselamatan akan keselamatan saat diperjalan.

Kantung udara dirancang untuk mengembang saat terjadi kecelakaan atau tabrakan, tetapi saat lampu kantung udara menyala, hal ini tidak akan terjadi. Tetapi bagaimana cara mematikan lampu indikator airbag, dan dapatkah Anda melakukannya tanpa scanner? Yuk cari tahu!

Bagaimana Cara Kerja Airbag?

cara mematikan lampu indikator airbag

Jadi sebelum kita melihat cara mematikan lampu indikator airbag, Anda harus mengetahui cara kerja keseluruhan fungsi dari airbag.

Kantung udara adalah penyelamat saat Anda melaju kencang dan menabrak mobil lain secara langsung atau menabrak benda diam. Jika Anda tidak memiliki airbag, kepala Anda bisa terbentur keras di roda kemudi atau dasbor. Saat Anda menabrak sesuatu dengan kecepatan tinggi, mobil Anda akan melambat, dan ini akan mengaktifkan akselerometer yang memicu sirkuit kantung udara.

Sirkuit airbag memiliki elemen pemanas yang diaktifkan melalui arus listrik. Elemen pemanas ini memicu ledakan di dalam kantung udara yang dengan cepat menghasilkan gas yang tidak berbahaya. Sebagian besar airbag menggunakan natrium azida sebagai bahan peledak, dan gas yang dihasilkan dapat berupa argon atau nitrogen.

BACA JUGA:  Aplikasi Scanner Android OBD2 Terbaik Download Gratis

Gas ini membanjiri kantung udara dan menyebabkannya mengembang; karenanya, melindungi pengemudi dari cedera dengan menduduki setir dan samping. Airbag berfungsi sebagai bantalan.

Cara Reset Indikator Airbag Menyala Dengan Scanner

Sekarang setelah kita mengetahui cara kerja airbag, sekarang saatnya mempelajari cara menyetel ulang lampu airbag.

Semua pekerjaan yang dilakukan pada sistem airbag harus dilakukan oleh para profesional jika Anda tidak 100% yakin dengan apa yang Anda lakukan! Ikuti langkah-langkah ini untuk mengatur ulang indikator airbag menyala:

Langkah 1: Periksa saklar airbag penumpang

cara mematikan lampu indikator airbag

Beberapa mobil memiliki “tombol on/off Airbag kursi penumpang.” Ini adalah hal pertama yang harus Anda periksa saat ingin melepas lampu airbag. Mungkin seseorang sebelum Anda mematikannya secara tidak sengaja, yang akan membuat lampu airbag tetap menyala di sebagian besar mobil.

Tombol ini biasanya ada di dasbor di sisi penumpang, dan Anda dapat melihatnya jika membuka pintu penumpang atau kotak sarung tangan.

Langkah 2: Baca Kode Masalah Dengan Scanner OBD2

cara mematikan lampu indikator airbag

Sistem airbag pada kendaraan Anda sangat penting, dan oleh karena itu, selalu baca kode masalah dengan pemindai OBD2 untuk mengetahui dari mana harus memulai pemecahan masalah indikator airbag menyala.

Jangan pernah menghapus kode masalah sebelum memperbaiki masalah yang disebabkan oleh indikator airbag menyala. Baca kode dan dapatkan informasi tentang apa yang dapat menyebabkan masalah dan karenanya lanjutkan diagnosis.

Langkah 3: Perbaiki kesalahan

indikator airbag menyala

Anda tidak boleh hanya mengatur ulang lampu airbag tanpa memperbaiki masalahnya. Hal ini dapat menggembungkan airbag atau tidak berfungsi jika terjadi kecelakaan. Biarkan profesional mengganti bagian airbag jika Anda tidak yakin bagaimana melakukannya.

Ingat selalu untuk melepas sambungan baterai saat bekerja dengan airbag. Lampu airbag seringkali akan hilang dengan sendirinya setelah diperbaiki, tetapi tidak di semua model mobil.

BACA JUGA:  Toko Ban Mobil Terdekat Se-Jabodetabek Booking Online di Sini

Langkah 4: Hapus Kode Masalah

hapus kode masalah

Setelah Anda memasang part baru dan 100% yakin bahwa part tersebut terpasang dengan benar, saatnya mereset lampu mesin. Untuk melakukan ini – Anda perlu menggunakan scanner OBD2, dan itu tidak mungkin dengan cara lain. Setel ulang lampu airbag dan pastikan lampu itu menghilang dari dasbor. Jika masih ada – baca kembali kodenya dan periksa apakah ada kode masalah.

Langkah 5: Uji Coba Mobil Anda

uji coba

Jika lampu airbag tampaknya telah hilang dari dasbor Anda – hidupkan ulang kunci kontak Anda dan lakukan test drive. saat lampu airbag hilang setelah test drive, ada kemungkinan besar masalahnya teratasi. Jika masalah muncul kembali, baca ulang kodenya dan lanjutkan prosedurnya.

Cara Mengatasi Indikator Airbag Menyala Tanpa Scanner

Tidak mungkin di sebagian besar model mobil untuk menyetel ulang lampu airbag tanpa pemindai. Ini untuk peringatan keselamatan karena Anda harus selalu memperbaiki kesalahan setelah lampu airbag terjadi. Untungnya, di banyak model mobil, lampu airbag juga akan hilang dengan sendirinya jika Anda sudah memperbaiki masalahnya.

Namun, di beberapa mobil tua, lampu airbag dapat disetel ulang tanpa pemindai dengan melepas terminal aki mobil .

Periksa sistem perkabelan di bawah kursi pengemudi atau penumpang apakah ada kabel yang longgar atau korosi pada steker konektor. Semprotkan colokan konektor dengan pembersih elektronik dan nyalakan kembali mobil Anda.

Jika Anda tidak dapat menemukan masalah di sana, Anda harus benar-benar mendapatkan pemindai OBD2 atau membiarkan bengkel membaca kodenya; jika tidak, Anda hanya akan menebak masalahnya dari kegelapan.

Pertanyaan Umum Tentang Indikator Airbag Menyala

Apa yang terjadi jika Anda menarik sekering airbag?

Jika Anda menarik sekring ke modul kontrol kantong udara, ini akan menonaktifkan fungsi kantong udara di mobil Anda setelah 1-2 menit. Namun, itu tidak akan menghilangkan lampu airbag seperti yang Anda duga. Jika dasbor tidak menerima sinyal dari modul kantung udara, dasbor akan menyalakan lampu peringatan kantung udara.

BACA JUGA:  OBD2 Scanner Mobil Terbaik Di Tahun 2021

Bagaimana saya bisa melewati lampu airbag?

Anda dapat melewati lampu airbag atau bagian airbag dengan menjembataninya dengan resistor. Namun, kami sangat menyarankan untuk memperbaiki masalah tersebut karena jika Anda mengalami kecelakaan serius, Anda mungkin berharap fungsi airbag berfungsi.

Apakah melepas baterai menonaktifkan airbag?

Iya dan tidak. Sistem airbag memiliki kapasitor besar yang akan menyimpan energi di dalam sistem untuk sementara meskipun Anda melepas kabel baterai. Namun, energi ini sering terkuras dalam hitungan menit.

Kesimpulan: Cara Mengatasi Indikator Airbag Menyala

Reset airbag atau lampu SRS, Anda perlu menggunakan scanner diagnostik untuk menghapus kode setelah Anda memperbaiki masalah. Di sebagian besar mobil modern, tidak ada cara mematikan indikator airbag menyala tanpa scanner.

Jika Anda menghapus kode, tetapi lampu airbag terus menyala, ada masalah yang perlu diperbaiki terlebih dahulu. Anda tidak boleh mencoba menyetel ulang lampu airbag tanpa memperbaiki masalahnya terlebih dahulu, karena hal ini dapat menyebabkan airbag menggembung.

Sekarang Anda tahu cara mengatasi indikator airbag menyala. Anda mungkin memahami pentingnya keselamatan saat mengerjakan airbag atau sistem SRS di dalam mobil. Jika Anda merasa tidak memiliki pengetahuan untuk mengerjakan sistem airbag, bawalah ke montir dan minta mereka melakukan tes diagnostik.

Ketahui juga cara mengatasi lampu ABS menyala di postingan artikel kami pada situs web lainnya.

Jika anda masih kesulitan mengatasi lampu indikator airb menyala hubungi bengkel mobil terdekat mutiara car care dengan mengisi form dibawah ini:

Add a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Recent Posts

About Us

Torque
Torque
Blog Editor

Menulis bukan sekedar hoby, tapi menjadikan tulisan ada di halaman #1 pencarian Google (SERP) merupakah sesuatu yang tidak dapat dinilai dengan apapun. Karena menjadi yang terbaik adalah sebuah keinginan bukan cita-cita yang bisa dicapai hanya dengan rebahan.

Listing Terbaru

Newsletter

Subscribe newsletter kabar bengkel untuk mendapatkan informasi diskon produk dan artikel baru kami

Cari bengkel mobil terdekat di kota mu kini lebih mudah dengan situs kabarbengkel.com, pilih jaringan bengkel di sini dan nikmati pengalaman servis yang lebih baik dengan berbagai dukungan dari bengkel ternama dan modern di kota mu.
Copyright © 2021 Kabar Bengkel. All rights reserved.