Kelebihan dan Kekurangan Motor Listrik Yang Wajib Anda Ketahui
Kelebihan dan Kekurangan Motor Listrik Yang Wajib Anda Ketahui

Kelebihan dan Kekurangan Motor Listrik Yang Wajib Anda Ketahui

Kelebihan dan Kekurangan Motor Listrik Yang Wajib Anda Ketahui

Contents

Ada beberapa kelebihan dan kekurangan motor listrik yang wajib anda ketahui sebelum membeli. Di era modern saat ini, motor listrik sudah mulai banyak di gunakan oleh sekitar kita. Dengan banyaknya motor listrik yang beredar yang ada di lingkungan kita, juga menunjukan kalau perubahan teknologi yang ada di sekitar kita sudah mulai maju. Sensasi yang di rasakan oleh pengguna motor listrik juga berbeda dengan motor berbahan bakar minyak (BBM). Dengan adanya inovasi motor listrik ini menjadi salah satu cara membantu pemerintah meningkatkan lingkungan yang lebih baik, karena mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil yang ada di motor konvesional.

Di Indonesia memiliki 2 jenis motor listrik yaitu motor dengan Battery Electric Vehicle (BEV) dan motor hybrid yang mana gabungan antara mesin berbahan bakar minyak (BBM) dan baterai. Bedanya motor hybrid masih masuk kedalam golongan motor konvesional karena masih menggunakan bahan bakar bensin.

Teliti sebelum membeli mungkin bisa jadi pilihan anda untuk membeli motor listrik. Dengan banyaknya motor listrik yang ada, bengkel-bengkel yang sudah tersertifikasi juga sudah banyak, jadi tidak perlu khawatir untuk membeli motor listrik. Yuk simak lebih lanjut! Kabarbengkel.com akan menjelaskan mengenai kelebihan dan kekurangan motor listrik sebelum anda membeli.

Kelebihan Motor Listrik

Menggunakan motor listrik memiliki banyak kelebihan yang berpengaruh bagi lingkungan sekitar kita. Berikut beberapa kelebihan menggunakan motor listrik:

  • Perawatan Yang Mudah

Perawatan yang cenderung mudah ini bisa jadi pilihan terbaik anda untuk membeli motor listrik. Berbeda dengan motor konvesional lainnya, motor listrik hanya perlu memperhatikan kampas rem, kondisi ban dan juga drive/van belt. Berbeda dengan konvesional yang harus sering menganti oli dan busi secara rutin.

  • Suara Motor Listrik Tidak Berisik
BACA JUGA:  Setya Jaya Motor Bengkel Body Repair Bekasi Gandeng 20 Asuransi

Motor listrik mengeluarkan suara mesin yang lebih halus jadi nyaman saat di gunakan, berbeda dengan motor konvesional yang memiliki suara mesin yang cenderung lebih terdengar. Dengan minimnya suara mesin motor listrik, juga membantu mengurangi polusi suara yang berada di sekitar kita.

  • Torsi Instan

Motor listrik memiliki torsi instan yang membuat pengguna motor listrik merasakan sensasi mengemudi yang lebih responsif dan menyenangkan atau bisa disebut fun ride. Fungsi torsi itu sendiri adalah untuk menggerakan piston dan poros agar menghasilkan tenaga atau laju kendaraan tersebut.

Sama seperti motor matic pada umumnya, motor listrik juga relatif mudah dikendarai karena hanya menarik gas dan rem. Dengan demikian mudah bagi pemula untuk belajar motor, menggunakan motor listrik. Efisiensi bahan bakar motor listrik juga tergolong lebih irit di bandingan motor konvesionalyang menggunakan bahan bakar minyak (BBM).

Kekurangan Motor Listrik

Disamping kelebihan yang sangat beragam, motor listrik juga memiliki kekurangan yang mungkin bisa jadi pertimbangan pada calon pembeli. Berikut beberapa kekurangan yang motor listrik miliki:

  • Harga Yang Cenderung Mahal

Indonesia memiliki banyak merk motor listrik, harga jual cenderung lebih mahal dari motor konvesional berbahan bakar bensin. Motor listrik yang memiliki fitur terbilang standar, bisa merogoh kocek 25 jutaan keatas sesuai dengan KM yang dimiliki motor listrik tersebut.

  • Keterbatasan Pengisian Baterai

Seperti yang diketahui, dengan kapasitas motor listrik untuk tipe low range hanya kuat mengangkut kuang lebih 2 orang karena memiliki bobot maksimal 150kg. Kebanyakan motor listrik juga memiliki durasi lama pada saat mengecas dengan begitu, keterbatasan pengisian baterai tidak maksimal bagi pengguna motor listrik yang memilih untuk memakai motor listrik tersebut dengan jarak yang jauh. Untuk harga baterai motor listrik itu sendiri juga cukup mahal sesuai dengan kapasitas range jarak motor listrik tersebut. Baterai motor listrik dapat bertahan selama 3 tahun – tahun.

  • Keterbatasan Suku Cadang
BACA JUGA:  Service Berkala Mobil, Ini Manfaat Dan Bengkel Rekomendasinya

Karena sudah maraknya motor listrik yang ada di Indonesia, keterbatasan suku cadang dan minimnya bengkel motor listrik yang tersedia juga masih menjadi PR bagi pengguna motor listrik untuk mencari lebih lagi mengenai motor listrik tersebut. Kendala motor listrik cenderung merepotkan dan butuh waktu yang lama untuk memperbaikinya.

Selain di stasiun tempat mengecas motor listrik, motor listrik juga bisa dicas dirumah dengan daya listrik minimal 900 VA. Penggunaan motor listrik juga sama saja seperti menggunakan motor konvesional lainnya. Motor listrik aman saat di pakai saat musim hujan, begitu pula saat di cuci motor listrik tetap aman.

Baca juga seputar mobil listrik :

https://kabarbengkel.com/kelebihan-dan-kekurangan-mobil-listrik/

Subsidi Motor Listrik

Motor listrik adalah salah satu program pemerintah, maka dari itu pemerintah memberikan subsidi bagi masyarakat Indonesia yang ingin memiliki motor listrik. Pemerintah memberikan subsidi sebesar 7Juta Rupiah untuk setiap pembelian satu unit motor listrik.

Dikutip dari Portal Informasi Indonesia, ada beberapa hal yang perlu dipahami untuk mendapatkan subsidi pemerintah sebagai berikut:

  1. Calon pembeli motor listrik perlu mengunjungi dealer yang memenuhi persyaratan;
  2. Pemerintah sudah menunjuk tiga pabrikan motor listrik nasional yang menerima subsidi;
  3. Dealer akan memeriksa NIK pada KTP calon pembeli untuk melakukan verifikasi;
  4. Jika anda memenuhi syarat, maka harga akan langsung dipotong sebesar Rp7 juta;
  5. Dealer mengajukan klaim insentif ke bank anggota Himbara setelah input data sesuai prosedur;
  6. Produsen mendaftarkan kendaraan yang memenuhi persyaratan dan diverifikasi untuk tingkat komponen dalam negeri (TKDN) dan syarat lainnya;
  7. Produsen berkoordinasi dengan dealer untuk pendataan dan verifikasi calon pembeli.

Pemerintah juga memberi subsidi bagi masyarakat yang ingin konversi motor bensin ke listrik. Konversi motor bensin ke listrik memiliki syarat yaitu motor yang ingin di konversi tidak lebih dari 10 tahun. Kenapa demikian? Karena sebelum mengkonversi motor bensin ke listrik akan ada pengecekan oleh Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor, Kementerian Perhubungan.

BACA JUGA:  Chef Degan Septoadji, Meriahkan Talk Show RORI di IIMS 2023

Kesimpulan

Demikian ulasan tentang kelebihan dan kekurangan motor listik. Selain membantu program pemerintah dalam hal mengembangkan motor listrik, pengguna motor listrik juga membantu lingkungan bebas dari polusi udara dan bebas dari polusi suara.

Alternatif motor listrik bisa menjadi pilihan para pengguna kendaraan motor berbahan bakar minyak (BBM) untuk lebih hemat. Ingin tahu info otomotif lebih lanjut, kalian bisa mengakses artikel kami yang lainnya di kabarbengkel.com

Add a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Recent Posts

About Us

Torque
Torque
Blog Editor

Menulis bukan sekedar hoby, tapi menjadikan tulisan ada di halaman #1 pencarian Google (SERP) merupakah sesuatu yang tidak dapat dinilai dengan apapun. Karena menjadi yang terbaik adalah sebuah keinginan bukan cita-cita yang bisa dicapai hanya dengan rebahan.

Business Partner

Listing Terbaru

Bengkel Nawilis Ban Bogor, Spesialis Spooring Balancing
Hubungi Kami
General Service
Specialist

Newsletter

Subscribe newsletter kabar bengkel untuk mendapatkan informasi diskon produk dan artikel baru kami

Cari bengkel mobil terdekat di kota mu kini lebih mudah dengan situs kabarbengkel.com, pilih jaringan bengkel di sini dan nikmati pengalaman servis yang lebih baik dengan berbagai dukungan dari bengkel ternama dan modern di kota mu.
Open Chat
1
Kabar Bengkel Dotcom
Hallo Kak 👋
Ada yang bisa kami bantu?