Merk Ban Mobil Terbaik di Tahun 2023, Ini Dia Pilihannya
Merk Ban Mobil Terbaik di Tahun 2023, Ini Dia Pilihannya

Merk Ban Mobil Terbaik di Tahun 2023, Ini Dia Pilihannya

Desember 21, 2022

Merk Ban Mobil Terbaik di Tahun 2023, Ini Dia Pilihannya

Sedang mencari merk ban mobil terbaik untuk mobil Anda? Lihat pilihan produk 10 besar dan panduan pembeli komprehensif yang akan membantu Anda memilih satu set ban yang sempurna untuk mobil Anda. Dan jika Anda sudah menemukan ban yang sesuai dengan kebutuhan maupun harga, Anda bisa langsung berkunjung ke toko ban mobil terdekat di kota Anda.

Meskipun ada banyak hal dalam merawat kendaraan, tetapi satu hal yang tidak boleh Anda abaikan adalah ban mobil Anda. Ban tidak hanya memberi Anda traksi yang Anda butuhkan untuk terus berjalan, tetapi ketika Anda harus berhenti dengan cepat, ban Anda adalah yang membuat kendaraan Anda dari kecepatan tinggi menjadi 0 kecepatan.

Ban adalah bagian penting dari kendaraan Anda, tetapi itu juga salah satu bagian yang cukup mahal saat Anda membutuhkannya, jadi Anda tidak ingin mempelajarinya melalui coba-coba. Itulah mengapa tim kabarbengkel.com membuat panduan ini untuk menyoroti 10 merk ban mobil terbaik yang harus Anda pilih.

Baca Juga:

Indikator Airbag Menyala? Ini Cara Reset Tanpa Scanner

Tidak hanya informasi panduan dalam pembelian ban yang terbaik, Artikel ini juga akan memandu Anda melalui semua yang perlu Anda ketahui tentang ban untuk membantu Anda menemukan ban yang sesuai untuk kendaraan Anda.

10 Merek Ban Mobil Terbaik

Kami tahu Anda sibuk dan siap memesan beberapa set ban dengan smartphone Anda, itulah sebabnya kami ingin menyelami ulasan untuk Anda di sini! Jika Anda tidak yakin dengan apa yang Anda cari, sebaiknya lihat dulu panduan pembeli sebelum memesan ban yang ingin Anda beli.

1. Yokohama – Merk Ban Mobil Terbaik Secara Keseluruhan

merk ban mobil terbaik

Jika Anda sedang mencari kombinasi harga dan kualitas dan harga yang luar biasa, maka Anda tidak akan mengungguli apa yang diberikan Yokohama kepada Anda. Merk ban mobil terbaik yang satu ini memberikan hasil yang luar biasa di setiap aspek, dan harganya tidak mahal dibandingkan dengan kebanyakan merek premium.

Yokohama pertama kali mulai membuat ban pada tahun 1917, dan sejak saat itu mereka mengembangkan reputasi yang baik untuk memproduksi ban berkualitas tinggi. Yokohama terutama tumbuh subur di semua medan dan ban off-road murni, tetapi mereka juga memiliki garis untuk performa dan ban semua musim juga.

Apa pun opsi ban yang Anda pilih, Yokohama mendukung semua bannya, itulah sebabnya mereka memiliki beberapa jaminan treadwear terbaik di industrinya. Mereka tidak memotong biaya dengan mengorbankan ban, mereka memproduksi ban yang bagus melalui proses yang konsisten, itulah sebabnya mereka mendapatkan posisi teratas merk ban mobil terbaik di sini.

2. Bridgestone – Merk Ban Mobil Terbaik Dengan Pilihan Terbanyak

merk ban mobil terbaik

Terbesar dan memiliki banyak jenis dan type ban, siapa yang tidak dikenal dengan Bridgestone, perusahaan ban yang membuat ban lebih banyak dari yang lain? Jika Anda mengatakan Goodyear atau Michelin, Anda salah. Bridgestone adalah satu-satunya produsen ban terbesar di dunia. Ini adalah perusahaan milik Jepang yang memproduksi ban berton-ton.

Bridgestone memiliki banyak pilihan untuk dipilih, dan ada alasan mereka menjual lebih banyak ban daripada merek lain. Bridgestone menawarkan kombinasi harga dan kualitas yang luar biasa dengan ban mereka, dan jika Anda menginginkan merk ban mobil terbaik kelas premium, mereka juga menawarkannya.

Sementara Bridgestone adalah perusahaan Jepang dan masih memproduksi banyak ban mereka di sana, hari ini mereka memiliki pabrik di seluruh dunia, termasuk Amerika Serikat, Australia, Brasil, dan China.

Kami ingin menempatkan Bridgestone di bagian atas daftar kami, tetapi sebenarnya Anda benar-benar harus melakukan riset dengan ban Bridgestone. Meskipun sebagian besar dari mereka bagus, mereka memiliki beberapa garis yang harganya lebih rendah, tetapi akibatnya kualitasnya buruk.

3. Goodyear – Pilihan Ban Dengan Harga Yang Terjangkau

merk ban mobil terbaik

Saat Anda memikirkan tentang ban murah, nama besar seperti Goodyear mungkin bukan perusahaan pertama yang terlintas di benak Anda. Tetapi ketika Anda melihat berbagai jenis ban mereka, Goodyear memiliki banyak pilihan dengan biaya lebih rendah untuk Anda pilih.

Dan keuntungan menggunakan merk ban mobil terbaik dari Goodyear kelas bawah dibandingkan dengan ban lainnya adalah dua kali lipat.

  • Pertama, Anda menggunakan merek andal yang dapat Anda percayai. Mereka memproduksi ban yang andal, dan jika Anda memiliki masalah dengan ban tersebut, mereka akan mendukung produk mereka.
  • Kedua, Goodyear lebih sederhana berperforma lebih baik daripada opsi ban low-end lainnya. Goodyear memberi Anda banyak daya tarik dan daya henti, jadi Anda tidak mengorbankan keselamatan dengan menghemat beberapa rupiah.

Perlu diingat bahwa tidak setiap ban Goodyear adalah pilihan anggaran yang bagus, karena mereka menghasilkan banyak ban kelas atas dan lebih mahal. Dan dengan mengingat hal itu, jangan berharap ban anggaran Goodyear memiliki performa sebaik Michelin atau bahkan ban yang lebih mahal yang dibuat oleh Goodyear. Tapi dibandingkan dengan ban lain dalam kisaran harga yang sama, ini sama bagusnya.

4. Michelin – Pilihan Merk Ban Mobil Terbaik Kelas Premium

merk ban mobil terbaik

Jika Anda mencari merk ban mobil terbaik di dunia dan tidak peduli berapa banyak uang yang Anda keluarkan, pilihan Anda akan tertuju pada ban Michelin. Michelin menjadi ban termahal di pasaran saat ini, tetapi merek ban mobil yang satu ini juga memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan merek ban lainnya.

BACA JUGA:  SPKLU Pertamina: Solusi Pengisian Kendaraan Listrik

Michelin menawarkan traksi yang lebih baik, jarak berhenti yang lebih pendek, dan pengurangan risiko hydroplaning atau kehilangan kendali kendaraan Anda dalam kondisi berkendara yang buruk. Mereka tidak selalu memiliki peringkat treadwear terbaik, tetapi itu karena mereka memprioritaskan kinerja di atas segalanya.

Dan sementara beberapa orang menganggap Michelin sebagai perusahaan Amerika, sebenarnya perusahaan itu adalah orang Prancis, dan mereka membuat ban mereka di seluruh dunia.

5. Merk Ban Mobil Terbaik – Continental

Continental

Continental adalah merk ban mobil terbaik dan terkemuka lainnya, apa pun pilihan ban yang Anda gunakan. Ban pertama diluncurkan dari pabrik mereka di Hannover, Jerman pada tahun 1871, dan sejak saat itu mereka berfokus pada produksi ban berkualitas tinggi.

Saat ini Continental masih membuat sebagian besar ban mereka di Jerman, tetapi jika Anda berada di pasar Amerika, mereka membuat ban mereka di pabrik yang berbasis di Amerika.

Namun di mana pun mereka membuat ban, Continental menawarkan berbagai pilihan ban. Apakah Anda sedang mencari ban berkualitas dengan peringkat treadwear yang lebih tinggi atau ban performa yang dapat berhenti dengan cepat, Continental memiliki beberapa pilihan bagus untuk Anda.

6. Cooper Tires – Pilihan Merk Ban Mobil Terbaik Yang Murah

Cooper

Ban Cooper Tires adalah bagian dari Perusahaan Ban dan Karet Goodyear, merek ban mobil terbaik yang satu ini adalah merek tambahan yang sangat baru. Akuisisi tersebut dilakukan pada tahun 2021, dan kami belum melihat dampak apa pun pada kualitas atau produksi ban pada saat ini.

Mereka membuat ban untuk mobil, truk, dan SUV, memberi Anda pilihan untuk kendaraan Anda apa pun jenis kendaraan yang Anda kendarai. Mereka membuat ban segala musim, segala medan, dan off-road asli, memberi Anda banyak pilihan untuk dipilih.

Tetapi hanya memiliki pilihan yang bagus tidak cukup untuk membuat daftar ini, Cooper Tires juga perlu membuat ban berkualitas tinggi . Dan dalam hal itu, Cooper Tires memberikannya. Mereka memiliki fasilitas manufaktur di seluruh dunia, tetapi sebagian besar ban Amerika mereka berasal dari fasilitas manufaktur Amerika.

Namun, perlu dicatat bahwa Cooper Tires juga memiliki fasilitas di Eropa dan Asia, termasuk fasilitas di China tempat mereka membuat ban truk. Tetap saja, kami belum melihat adanya masalah kualitas pada salah satu ban mereka, jadi sepertinya tidak ada masalah besar di mana pun mereka membuat ban.

7. Pirelli – Merk Ban Mobil Terbaik Kelas Dunia

Pirelli

Beberapa merk ban mobil terbaik memiliki sejarah luas seperti merek Pirelli. Giovanni Battista Pirelli awalnya membentuk perusahaan pada tahun 1872, dan mereka tetap menjadi perusahaan ban Italia mereka sendiri sampai tahun 1988.

Pada tahun 1988 Armstrong Rubber Company, sebuah perusahaan yang berbasis di Amerika, mengakuisisi merek tersebut. Dari sana Armstrong Rubber Company mulai mengkonsolidasikan banyak anak perusahaan yang dimiliki Pirelli, memilih untuk fokus hanya pada ban. Pada tahun 2010, transformasi telah selesai, dan Pirelli tetap menjadi perusahaan ban saja sampai hari ini.

Namun pada tahun 2015 Armstrong Rubber Company menjual perusahaan tersebut ke ChemChina, dan saat ini mereka memiliki saham mayoritas di perusahaan tersebut.

Merk ban mobil terbaik keluaran dari Pirelli ini membuat banyak pilihan ban yang berbeda dan memiliki fasilitas di seluruh dunia termasuk Meksiko, Amerika Serikat, Eropa, dan China. Mereka membuat ban berkualitas tinggi, tetapi performanya tidak sesuai dengan yang kami inginkan untuk harganya.

8. Firestone

Firestone

Firestone adalah salah satu merk ban mobil terbaik lainnya, tetapi tahukah Anda bahwa mereka sebenarnya berada di bawah Bridgestone? Pada tahun 1900 Firestone dibentuk sebagai perusahaan ban Amerika, namun 88 tahun kemudian mereka bergabung dengan Bridgestone, membentuk salah satu perusahaan ban terbesar di dunia.

Tidak seperti banyak merek ban lainnya, jika Anda memiliki ban Firestone yang Anda tahu dibuat di Amerika Serikat, Anda tidak tahu di pabrik mana. Itu karena Bridgestone membuat ban di China, mereka melabelinya sebagai ban “Fuzion”, bukan ban Firestone.

Firestone tetap menjadi merek ban berkualitas lebih tinggi, yang memberi Anda banyak kepercayaan diri saat mendapatkannya bahwa Anda mendapatkan ban berkualitas. Apakah Anda sedang mencari ban segala musim yang akan bertahan lama atau ban off-road asli, Firestone memiliki pilihan untuk Anda – dan semuanya berkualitas tinggi.

9. General Tires

General Tire

General Tire adalah merk ban mobil terbaik lain yang berakar di Amerika Serikat. William F. O’Neil dan Winfred E. Frouse awalnya membentuk perusahaan tersebut pada tahun 1915 di Akron, Ohio sebagai General Tire and Rubber Company.

Mereka tetap menjadi perusahaan mereka sendiri hingga tahun 1987, saat itu Continental AG mengakuisisi merek tersebut untuk pasar AS mereka. Mereka tetap menjadi merek ban berkualitas tinggi yang memproduksi bannya di Amerika Serikat, tetapi mereka hanya selangkah di belakang perusahaan ban lainnya.

General Tire masih merupakan merek ban hebat yang dapat Anda andalkan, tetapi Anda akan mendapatkan ban yang lebih baik dengan jumlah uang yang sama jika Anda menggunakan merek lain. Terakhir, meskipun General Tires memiliki pilihan yang lumayan bagus, pilihannya tidak sebesar banyak merek besar lainnya.

10. BF.Goodrich

BF.Goodrich

BF Goodrich dulunya adalah perusahaan ban Amerikanya sendiri, tetapi pada tahun 1990 Michelin Tires membangunnya. Sekarang mereka berada di bawah pabrikan mobil ban Prancis, tetapi mereka masih membuat ban berkualitas tinggi.

Meskipun mereka tidak dapat bersaing dengan ban Michelin dalam performa, BF Goodrich jauh lebih baik dalam harganya. Wajar jika menganggap ban BF Goodrich sebagai ban Michelin yang lebih murah, tetapi karena tingginya standar Michelin dengan bannya, bukan berarti Anda tidak mendapatkan ban yang bagus.

BF Goodrich membuat ban mereka di Amerika Serikat, yang membantu memastikan proses kontrol kualitas yang lebih ketat untuk ban mereka.

Dibandingkan dengan merk ban mobil terbaik lain dengan harga yang sebanding di luar sana, BF Goodrich memang luar biasa, tetapi jika Anda membandingkannya dengan yang terbaik dari yang terbaik, ban tersebut sedikit kurang. Mereka adalah merek ban yang hebat, tetapi menurut kami Anda harus mempertimbangkan untuk berbelanja sedikit lebih jauh dari daftar.

BACA JUGA:  Sistem Pelumasan Basah: Tips untuk Memastikan Kinerja Optimal

Panduan Membeli Ban Mobil Terbaik

Dengan begitu banyak merk ban mobil terbaik yang berbeda di luar sana, mungkin sulit untuk mencoba mempersempitnya menjadi hanya satu. Tetapi untuk membantu Anda membuat keputusan, Anda benar-benar perlu mengetahui apa yang Anda lihat pada setiap ban.

Itulah mengapa kami membuat panduan membeli ini untuk memandu Anda melalui semua yang perlu Anda ketahui tentang ban untuk membantu Anda memilih ban yang sempurna dari merek yang tepat untuk kendaraan Anda.

1. Memeriksa Ukuran Ban Kendaraan Anda

Sebelum Anda keluar dan memesan merk ban mobil terbaik apa pun, Anda perlu memastikan bahwa Anda memesan ukuran ban yang tepat sejak awal. Anda dapat melihat dinding samping ban Anda saat ini untuk mengetahui ukurannya, tetapi jika suatu saat ada orang yang memasang ban dengan ukuran yang salah pada kendaraan Anda, Anda hanya akan menggunakan ban lain yang tidak tepat.

Sebagai gantinya, kami sarankan untuk melihat di kusen pintu mobil Anda. Tergantung pada apa yang Anda kendarai, stiker akan berada di pintu depan pengemudi atau penumpang. Stiker ini tidak hanya memberi tahu Anda ukuran ban yang tepat, tetapi juga memberi tahu Anda tekanan ban yang tepat untuk ban tersebut.

Jika stikernya sudah tidak ada, atau sudah tidak bisa dibaca lagi, Anda juga bisa mengecek manual pemilik kendaraan Anda. Terakhir, jika Anda tidak memiliki buku panduan pemilik dan tidak dapat menemukan stiker di kendaraan Anda, sebaiknya hubungi dealer.

Dealer mengganti ban pada kendaraan sepanjang waktu, dan jika Anda memberi tahu mereka apa yang Anda kendarai, mereka seharusnya dapat memberi tahu Anda berapa ukuran ban yang dibutuhkan kendaraan Anda.

2. Memahami Ukuran Ban

merk ban mobil terbaik

Mengetahui ukuran ban kendaraan Anda adalah satu hal, mengetahui arti sebenarnya dari angka-angka itu adalah hal yang sama sekali berbeda. Setiap ukuran ban hadir dengan tiga angka berbeda dan tanda huruf di bagian depan.

Misalnya, ukuran ban bisa P245/65R17, LT255/70R18, atau yang serupa. Kombinasi huruf pertama pada ukuran ban mengacu pada peringkat muatan ban. Sebagian besar kendaraan penumpang memerlukan ban dengan peringkat “P”, untuk kendaraan penumpang.

Namun, jika Anda mengendarai kendaraan yang lebih besar seperti truk pikap seberat ½ ton, Anda mungkin memerlukan ban dengan peringkat muatan yang lebih tinggi. Ban dengan peringkat muatan “LT” adalah singkatan dari “truk ringan” dan itu semua yang dibutuhkan sebagian besar truk penumpang.

Angka berikutnya, baik “245” atau “255” pada contoh kita di atas, mengacu pada lebar ban dalam milimeter. Untuk sebagian besar kendaraan, Anda dapat sedikit mengubah lebar ban, tetapi perlu diingat bahwa ini juga akan mengubah rasio aspek ban, dan Anda perlu memastikan masih ada banyak ruang di dalam roda dengan baik saat membelokkan kendaraan.

Angka berikutnya dalam ukuran ban adalah rasio aspek. Angka ini adalah persentase yang membandingkan tinggi dinding samping ban dengan lebar ban. Ketinggian dinding samping hanya mengukur ban dari bagian atas pelek hingga bagian atas ban.

Jika angkanya 65, berarti tinggi dinding samping 65 persen dari ukuran lebar ban. Huruf “R” pada ukuran ban menunjukkan bahwa itu adalah ban radial. Meskipun ada beberapa ban bias-ply di luar sana, sebagian besar ban modern untuk kendaraan penumpang menggunakan desain radial.

Terakhir, dua angka terakhir memberi tahu Anda diameter roda, juga dikenal sebagai ukuran pelek. Anda harus mendapatkan nomor ini dengan tepat, jika tidak, Anda tidak akan dapat memasang ban di pelek.

3. Bisakah Anda Menggunakan Ukuran Ban yang Salah?

Kebenaran di sini adalah bahwa itu tergantung . Dan tanpa sedikit pengetahuan otomotif, kami tidak merekomendasikannya. Tetap saja, hal penting yang harus diperiksa adalah ada cukup ruang di dalam sumur roda.

Artinya, ada banyak ruang saat Anda memutar roda ke segala arah dan ada cukup ruang untuk ban bergerak naik turun dengan suspensi kendaraan. Jika Anda tahu ada jarak yang cukup, Anda seharusnya tidak memiliki masalah besar dengan perubahan kecil pada ukuran ban.

Namun, Anda tidak dapat mengubah ukuran roda tanpa mengganti pelek, dan jika Anda melakukan semua itu, Anda juga perlu menyesuaikan speedometer. Yang terbaik adalah tetap menggunakan ukuran ban yang direkomendasikan pabrikan untuk kendaraan Anda kecuali Anda benar-benar tahu apa yang Anda lakukan.

4. Peringkat Ban

Setiap kali Anda mencari merk ban mobil terbaik, Anda perlu melihat peringkat ban UTQG. Peringkat ini terdiri dari tiga peringkat berbeda yang memberi tahu Anda sedikit tentang ban

Tiga angka pertama adalah peringkat treadwear. Semakin tinggi angkanya, semakin lama ban akan bertahan untuk Anda. Untuk ban yang sangat tahan lama, carilah ban dengan peringkat keausan sekitar 800, sedangkan sebagian besar ban memiliki peringkat keausan antara 500 dan 700. Sementara itu, ban performa mungkin hanya memiliki peringkat keausan antara 200 dan 300.

Peringkat UTQG kedua adalah peringkat traksi. Ada empat peringkat potensial di sini – AA, A, B, atau C. Peringkat tertinggi yang mungkin adalah AA. Semakin tinggi peringkat traksi pada ban, semakin baik.

Peringkat UTQG terakhir adalah peringkat suhu. Meskipun Anda mungkin berpikir bahwa peringkat suhu menunjukkan seberapa baik ban dapat menangani lingkungan suhu yang berbeda, sebenarnya ini adalah indikasi seberapa baik ban tersebut menangani kecepatan yang lebih tinggi.

Saat Anda mengemudi lebih cepat, ada lebih banyak gesekan antara ban dan jalan, dan semua gesekan ini menghasilkan panas. Jika Anda ingin ban tetap dapat dikendalikan dengan baik, Anda memerlukan ban dengan peringkat suhu yang lebih tinggi. Ada tiga kemungkinan peringkat suhu UTQG, A, B, atau C.

Merk ban mobil terbaik dengan peringkat suhu C dapat menangani kecepatan antara 85 dan 100 mil per jam, ban dengan peringkat suhu B dapat menangani kecepatan antara 100 dan 115 mil per jam, sedangkan ban dengan peringkat suhu A dapat menangani kecepatan lebih dari 115 mil per jam.

Berapa Lama Seharusnya Ban Bertahan?

Ini sangat tergantung pada ban yang Anda gunakan. Sejauh ini, cara terbaik untuk membantu Anda mengetahui berapa lama ban yang Anda lihat akan bertahan adalah dengan melihat peringkat treadwear. Ini adalah angka tiga digit, tetapi jika Anda “menambahkan” dua nol tambahan di akhir angka itu, Anda seharusnya sudah memiliki gambaran yang cukup bagus tentang berapa mil ban harus bertahan.

BACA JUGA:  Komponen Transmisi CVT Mobil yang Menggerakkan Roda

Misalnya, jika sebuah ban memiliki rating treadwear 500, ban tersebut akan bertahan sekitar 50.000 mil. Sementara itu, jika sebuah ban memiliki rating treadwear 830, seharusnya bisa bertahan sekitar 83.000 mil. Ini jauh dari ilmu pasti, tetapi ini adalah aturan umum yang bagus untuk diikuti.

Meskipun Anda dapat melihat garansi treadwear pabrikan, itu hanya memberi tahu Anda banyak. Ini terutama benar jika ban akan membuat Anda mendekati garansi treadwear. Pada saat itu, banyak pekerjaan untuk menggunakan garansi, dan biasanya tidak akan mencakup banyak hal.

Terakhir, tidak peduli berapa banyak tapak pada ban, Anda harus menggantinya setelah sepuluh tahun. Itu karena karet bereaksi dengan sinar matahari, dan lama kelamaan ban akan mengering membusuk dari dalam ke luar.

Memeriksa Ban Kendaraan Anda

Bagaimana Anda tahu bahwa Anda membutuhkan ban baru? Nah, Anda harus memeriksa ban Anda setiap beberapa bulan untuk memastikannya masih berfungsi dengan baik. Saat Anda memeriksa ban, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan.

Pertama, mulailah dengan memeriksa dinding samping. Jika Anda melihat tanda-tanda busuk kering, saatnya mengganti ban. Hal ini berlaku bahkan jika pembusukan kering tampaknya tidak terlalu serius karena ban membusuk dari dalam ke luar. Jadi, jika Anda melihat pembusukan kering di bagian luar ban, kemungkinan besar kondisinya jauh lebih buruk di bagian dalam.

Anda juga ingin memeriksa setiap celah yang hilang dari dinding samping. Jika Anda melihat kabel di salah satu celah, Anda perlu mengganti ban. Luka dan goresan kecil yang tidak menunjukkan kabel apa pun seharusnya tidak menjadi masalah.

Selanjutnya, periksa usia ban. Yang Anda cari adalah angka empat digit dengan kotak di sekelilingnya. Nomornya akan terlihat seperti “2217”. Dua angka pertama memberi tahu Anda minggu pabrikan memproduksi ban, sedangkan dua angka terakhir memberi tahu Anda tahun. Jika ban sudah berumur lebih dari sepuluh tahun, saatnya menggantinya.

Setelah Anda menentukan bahwa dinding samping dalam kondisi baik, saatnya untuk beralih ke tapak. Kedalaman tapak minimum untuk ban adalah 2/32″. Untuk memeriksa cukup menggunakan satu sen. Tempelkan kepala Lincoln lurus ke bawah di antara tapak. Jika Anda tidak bisa melihat bagian atas kepalanya, saatnya mengganti ban baru.

Memaksimalkan Ban Kendaraan Anda

Saat Anda membeli ban mobil baru, Anda ingin ban tersebut awet. Mendapatkan merk ban mobil terbaik yang tepat adalah bagian penting dari hal ini, apa pun ban yang Anda gunakan, Anda perlu melakukan beberapa hal agar dapat bertahan selama yang seharusnya.

Di bawah ini kami menyoroti empat hal berbeda yang harus Anda lakukan untuk memastikannya bertahan selama mungkin setelah berada di kendaraan Anda.

1. Menggembungkan Ban Anda

Meskipun ada banyak desas-desus di luar sana tentang mengapa Anda harus memompa terlalu rendah atau terlalu tinggi pada ban Anda, sebenarnya jika Anda ingin mendapatkan hasil maksimal dari ban Anda, Anda harus menjaganya pada tekanan ban yang tepat. Anda dapat menemukan tekanan ban yang tepat baik di manual pemilik atau stiker di kusen pintu sisi pengemudi atau penumpang.

Dari sana periksa tekanan ban setiap 3.000 mil atau setelah perubahan cuaca yang signifikan karena hal ini dapat menyebabkan tekanan ban turun. Berkendara dengan tekanan ban rendah untuk waktu yang lama akan meningkatkan jumlah gesekan di jalan, yang akan menyebabkan tapak lebih cepat aus dari seharusnya.

2. Merotasi Ban Anda

Meskipun Anda mungkin berpikir bahwa semua ban pada kendaraan Anda akan aus secara merata, kenyataannya ban tersebut akan mengalami keausan yang berbeda-beda tergantung di mana ban tersebut berada pada kendaraan Anda. Itu sebabnya Anda harus meluangkan waktu untuk merotasi ban Anda setidaknya sekali setiap 10.000 mil.

Kami merekomendasikan untuk merotasi ban Anda setiap kali mengganti oli, jadi jika Anda melakukan penggantian oli lebih sering dari itu, Anda dapat melakukan rotasi lebih sering. Kuncinya adalah memutar ban pada interval yang konsisten sehingga mereka mendapat kesempatan untuk duduk di setiap posisi pada kendaraan Anda untuk waktu yang sama.

3. Mengikuti Keselarasan

Satu hal yang mungkin tidak Anda pikirkan saat mencoba membuat ban Anda awet adalah keselarasan kendaraan Anda. Anda harus menjaga agar semua ban mengarah ke arah yang sama saat Anda mengemudi, jika tidak ban akan sedikit terseret saat Anda mengemudi.

Sedikit tarikan mungkin tidak terlihat banyak, tetapi akan menyebabkan dua masalah. Pertama, meningkatkan jumlah gesekan yang akan menyebabkan ban lebih cepat aus dari seharusnya. Kedua, akan menyebabkan ban aus tidak merata.

4. Gunakan Ban Seimbang

Meskipun ini benar-benar jatuh pada toko yang Anda gunakan untuk memasang ban Anda sejak awal, jika Anda tidak memiliki ban yang seimbang dengan benar , ban tidak akan aus sebagaimana mestinya.

Bengkel ban mobil terdekat langganan Anda akan menyeimbangkan ban saat memasangnya, tetapi Anda tetap harus meminta mereka memeriksa keseimbangan selama proses rotasi. Saat tapak aus, keseimbangan dapat hilang, dan pemeriksaan cepat akan mengesampingkan kemungkinan masalah di sini.

Kesimpulan

Jika kendaraan Anda membutuhkan ban, jangan puas dengan yang merk ban mobil terbaik saja. Karena meskipun Anda mungkin dapat menghemat beberapa rupiah dengan menggunakan beberapa ban tiruan yang tidak masuk dalam daftar kami, Anda hanya akan menggantinya lebih cepat dan ban tersebut tidak akan memberi Anda traksi atau tenaga pengereman yang Anda inginkan.

Jika Anda beruntung, itulah rezeki Anda, tetapi jika Anda tidak beruntung, Anda tidak akan dapat menghentikan kendaraan tepat waktu dan Anda akan mengalami kecelakaan. Dengan salah satu merk ban mobil terbaik dalam daftar kami, Anda akan mendapatkan semua yang Anda butuhkan dari ban Anda, jadi jangan puas dengan yang kurang dari itu!

Masih bingung mencari merk ban mobil terbaik untuk kendaraan Anda? Hubungi bengkel spooring terdekat di kota depok Mutiara Car Care untuk informasi lebih lengkap lagi.

Add a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Recent Posts

About Us

Torque
Torque
Blog Editor

Menulis bukan sekedar hoby, tapi menjadikan tulisan ada di halaman #1 pencarian Google (SERP) merupakah sesuatu yang tidak dapat dinilai dengan apapun. Karena menjadi yang terbaik adalah sebuah keinginan bukan cita-cita yang bisa dicapai hanya dengan rebahan.

Business Partner

Listing Terbaru

Bengkel Nawilis Ban Bogor, Spesialis Spooring Balancing
Hubungi Kami
General Service
Specialist

Newsletter

Subscribe newsletter kabar bengkel untuk mendapatkan informasi diskon produk dan artikel baru kami

Cari bengkel mobil terdekat di kota mu kini lebih mudah dengan situs kabarbengkel.com, pilih jaringan bengkel di sini dan nikmati pengalaman servis yang lebih baik dengan berbagai dukungan dari bengkel ternama dan modern di kota mu.
Open Chat
1
Kabar Bengkel Dotcom
Hallo Kak 👋
Ada yang bisa kami bantu?