Motor Injeksi Jangan Sampai Habis Bensin Ini Resikonya
Motor Injeksi Jangan Sampai Habis Bensin Ini Resikonya

Motor Injeksi Jangan Sampai Habis Bensin Ini Resikonya

Februari 5, 2022

Motor Injeksi Jangan Sampai Habis Bensin Ini Resikonya

Bagi pemilik kendaraan motor matic injeksi pastinya sering mendengar dari teman atau mekanik bengkel bahwa motor injeksi jangan sampai habis bensin. karena kondisi ini bisa mengakibatkan kerusakan yang fatal terhadap kendaraan kedepannya, benarkah demikian?

Pada artikel sebelumnya tentang rekomendasi oli motor matic terbaik di indonesia sudah pernah sedikit kita ulas tentang kondisi ini, kali ini kita akan mengulas lebih jauh lagi tentang bahaya dari kehabisan bahan bakar untuk motor injeksi. bagi anda yang ingin tahu dan sekarang ini mempunyai motor injeksi, info berikut perlu anda ketahui sebagai pertimbangan kenapa motor injeksi tidak boleh kehabisan bahan bakar.

Motor Injeksi Jangan Sampai Habis Bensin Ini Resikonya
Motor Injeksi Jangan Sampai Habis Bensin Ini Resikonya

Kenapa Motor Injeksi Jangan Sampai Habis Bensin? Apa Kekurangannya?

Motor matic injeksi menjadi pavorite bagi masyarakat indonesia karena dikenal dengan hemat bahan bakar. selain itu motor matic injeksi sangat mudah dalam perawatan dan bisa dilakukan sendiri dirumah. persoallannya adalah meskipun perawatan motor anda sangat rutin tapi sering kehabisan bahan bakar akan mengakibatkan kerusakan fatal kedepannya. Ada efek-efek negatif yang diakibatkan karena motor injeksi kekurangan bensin.

Kerusakan yang sering terjadi umumnya pada pompa bahan bakar atau fuel pump. dan yang perlu anda tahu bahwa motor matic injeksi memasok bahan bakar dengan bantuan dari pemompaan dinamo, agar bisa berfungsi dengan baik komponen mesin membutuhkan pendingin yang didapatkan dari bahan bakar. jadi motor injeksi jangan sampai habis bensin karena akan mengurangi performa mesin kedepannya.

BACA JUGA:  Charging Mobil Listrik: Mengisi Daya Masa Depan

Performa pada komponen mesin ini akan dipaksa karena tidak mendapatkan pendingin. apalagi jika anda sering sekali mengalami kehabisan bahan bakar, tentunya akan memberi resiko kerusakan yang semakin besar juga. jika sampai terjadi kalian harus mengganti fuel pum baru.

Yang paling simpel adalah untuk menjaga kerusakan dan menghindari pengeluaran uang ekstra karena masalah ini, motor matic injeksi usahakan jangan sampai habis bensin, dan itu tidak bisa ditawar lagi sob!

Motor Injeksi Jangan Sampai Habis Bensin Ini Resikonya
Motor Injeksi Jangan Sampai Habis Bensin Ini Resikonya

Jangan Panik Lakukan Ini Jika Motor Anda Kehabisan Bensin

Anda sudah tahu apa bahaya yang diakibatkan karena motor injeksi kekurangan bensin dan saat ini anda akan tahu apa yang perlu dilakukan bila motor injeksi kekurangan bensin. Bila bensin habis di tengah-tengah perjalanan, anda bisa memiringkan body motor sampai stok bensin cadangan bisa masuk kedalam fuel pump, setelah itu jangan langsung menghidupkan motor

Sebagai permulaan, anda perlu memutar kunci sampai status on dan nantikan sampai suara fuel pumpnya mati. Seterusnya putar ke status off kembali lalu on-kan. anda dapat lakukan langkah ini sekitar 5 kali. Langkah ini dilaksanakan bukan tanpa argumen, karena langkah ini dapat membuat fuel pump mengisap bensin lebih dulu dan angin palsu yang berada di dalamnya dapat dibuang.

Jika anda sudah mempraktekan langkah di atas, berikutnya untuk menghidupakan motor gunakan kick starter terlebih dahulu jangan menggunakan elektrik starter

Cara Merawat Motor Matic Injeksi Yang Tepat

Supaya motor matic injeksi lebih tahan lama, dibutuhkan cara-cara untuk menjaganya seperti bersihkan mekanisme injeksinya. tapi yang jelas untuk mendapatkan hasil maksimal anda harus datang ke bengkel motor matic yang memang sudah ahlinya sob. Supaya performa mesin tetap terjaga, lakukan perawatan motor matic anda secara rutin, terutama dari sisi pergantian oli secara berkala. kecuali jika anda sudah memahami mekanisme motor matic injeksi bisa melakukan perawatan motor sendiri dirumah

BACA JUGA:  Oli Mesin Mobil Terbaik Ini Bikin Kendaraan Kamu Makin Ngacir

Gunakanlah injector cleaner supaya semua karat dan kotoran yang berada di komponen injeksi dapat dibersihkan. Karena bila karat dan kotoran tidak anda bersihkan, dapat mengakibatkan mekanisme injeksi alami banyak masalah kedepannya.

Motor Injeksi Jangan Sampai Habis Bensin Ini Resikonya
Motor Injeksi Jangan Sampai Habis Bensin Ini Resikonya

Kesimpulan

Kehabisan bahan bakar terkadang pernah kita alami saat melakukan perjalanan jauh, terutama saat melintas daerah yang kebetulan masih jarang akan kehadiran POM bensin resmi, maka pastikan tanki bensin anda penuh saat melintas daerah seperti itu.

Pompa bahan bakar atau fuel pump adalah komponen penting dalam motor matic injeksi, jika komponen ini bermasalah apalagi mendapatkan pasokan bensin yang buruk maka motor anda pasti akan mengalami kondisi brebet saat digunakan, jadi pastikan isi bensin berkualitas baik yah sob.

Referensi Artikel Astra Motor

Semoga info ini membantu

Salam Otomotif

Add a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Recent Posts

About Us

Torque
Torque
Blog Editor

Menulis bukan sekedar hoby, tapi menjadikan tulisan ada di halaman #1 pencarian Google (SERP) merupakah sesuatu yang tidak dapat dinilai dengan apapun. Karena menjadi yang terbaik adalah sebuah keinginan bukan cita-cita yang bisa dicapai hanya dengan rebahan.

Business Partner

Listing Terbaru

Bengkel Nawilis Ban Bogor, Spesialis Spooring Balancing
Hubungi Kami
General Service
Specialist

Newsletter

Subscribe newsletter kabar bengkel untuk mendapatkan informasi diskon produk dan artikel baru kami

Cari bengkel mobil terdekat di kota mu kini lebih mudah dengan situs kabarbengkel.com, pilih jaringan bengkel di sini dan nikmati pengalaman servis yang lebih baik dengan berbagai dukungan dari bengkel ternama dan modern di kota mu.
Open Chat
1
Kabar Bengkel Dotcom
Hallo Kak 👋
Ada yang bisa kami bantu?