Service Berkala Mobil, Ini Manfaat Dan Bengkel Rekomendasinya
Service Berkala Mobil, Ini Manfaat Dan Bengkel Rekomendasinya

Service Berkala Mobil, Ini Manfaat Dan Bengkel Rekomendasinya

Service Berkala Mobil, Ini Manfaat Dan Bengkel Rekomendasinya

Service berkala mobil sangat penting untuk memastikan umur panjang mobil Anda dan sangat membantu dalam menjaga agar kendaraan Anda dapat diandalkan dan bebas gangguan. Sementara kendaraan modern lebih andal dari sebelumnya, mereka masih membutuhkan pemeriksaan yang adil dari waktu ke waktu.

Cara terbaik untuk mewaspadai masalah yang akan datang atau suku cadang yang rusak adalah dengan memeriksa kendaraan Anda pada waktu yang tepat dan menyervis mobil Anda secara teratur. Nah, cara termudah untuk mengetahui seberapa sering kendaraan Anda perlu diservis adalah dengan mengecek buku manual pemilik kendaraan.

Umumnya, sebagian besar pembuat mobil menyarankan jangka waktu servis berkala mobil 10.000 km atau sekitar 12 bulan, mana yang lebih awal, tetapi tergantung pada gaya mengemudi Anda, Anda juga dapat memeriksa mobil Anda setiap 5.000 km untuk berhati-hati. Pada kendaraan baru, berikut yang perlu Anda periksa saat melakukan servis mobil Anda pada jarak 5.000 km, 10.000 km, dan 15.000 km.

Apa Itu Service Berkala Mobil?

service berkala mobil

Service berkala mobil itu seperti pemeriksaan kesehatan mobil. Pemeliharaan Berkala bergantung pada usia, merek, dan modelnya, serta seberapa keras Anda mengendarainya.

Di bengkel mobil terdekat langganan Anda akan selalu memastikan mesin mobil Anda bekerja dengan lancar dan efektif saat bengkel tersebut menyesuaikannya. Jangan pernah mengabaikan suara yang tidak diinginkan, dentingan, gemuruh, suara gerinda, atau apa pun selain dengungan halus mesin Anda seperti baru.

Service berkala mobil termasuk memindai mobil untuk menemukan masalah besar, menyesuaikan waktu mesin Anda, mengisi ulang cairan, memeriksa dan mengganti komponen sistem pengapian seperti busi mobil, Membersihkan dan mengganti filter udara seperlunya, menghilangkan suara yang tidak diinginkan, penyelarasan roda, dan masih banyak lagi.

Jika mesin Anda tidak bekerja dengan baik, itu juga membakar lebih banyak bahan bakar daripada yang seharusnya dan, dalam kasus terburuk, menyebabkan lebih banyak kerusakan pada mesin itu sendiri. Jika mesin Anda tidak bekerja dengan baik dan juga membakar lebih banyak bahan bakar dari yang seharusnya dan, dalam kasus terburuk, menyebabkan lebih banyak kerusakan pada mesin itu sendiri, ketahuilah bahwa inilah waktunya untuk melakukan service berkala mobil.

Jarak Tempuh Kendaraan Untuk Melakukan Service Berkala Mobil

service berkala mobil

Pada 5.000 Km

Ini adalah service berkala pertama mobil Anda sejak periode run-in selesai pada jarak 1.000 km. Setelah menempuh jarak 5.000 km, kini saatnya melakukan pengecekan dan pemeriksaan umum pada mobil serta pengisian cairan. Beberapa pemeriksaan utama meliputi oli mesin dan penggantian suku cadang jika diperlukan. 

Mesin yang lebih baru melihat lebih sedikit keausan pada jarak tempuh ini dan membutuhkan layanan umum dan pembersihan menyeluruh untuk menjaga agar mobil baru itu tetap utuh. Ini juga saat yang tepat untuk menambah level cairan pendingin, cairan pencuci kaca depan, dan membersihkan filter udara untuk memastikan mesin berjalan mulus seperti biasa. 

BACA JUGA:  Kelebihan dan Kekurangan Motor Listrik Yang Wajib Anda Ketahui

Interval service berkala mobil 5.000 km juga merupakan peluang bagus untuk memeriksa gangguan kecil pada elektronik atau pintu berderit yang mungkin perlu dilumasi untuk kelancaran pengoperasian. Terakhir, pastikan untuk memeriksa ban Anda apakah ada paku atau serpihan yang tersangkut,

Pada 10.000 Km

Meskipun servis awal lebih merupakan pemeriksaan pencegahan, servis besar pertama Anda dilakukan pada jarak 10.000 km, seperti yang direkomendasikan oleh sebagian besar pembuat mobil. Pada tahap ini, kendaraan Anda telah terlihat cukup banyak keausan, terkena semua debu dan kotoran, melintasi medan yang berbeda dan bahkan mengalami memar di bemper ke lalu lintas bemper. 

Interval service berkala mobil ini akan melihat beberapa pemeriksaan besar dilakukan termasuk penggantian oli dengan tingkat kekentalan yang disarankan yang disebutkan dalam manual pemilik. Anda juga perlu mengganti filter oli dan membersihkan kembali filter udara. Jika Anda sering melewati jalan berdebu, Anda mungkin harus mengganti filter udara sama sekali.

Anda juga perlu mengganti filter serbuk sari sistem AC pada interval 10.000 km, yang memastikan udara yang Anda hirup di dalam kabin segar dan bebas polutan. Ini juga membantu memperpanjang efek pendinginan dan masa pakai unit HVAC. 

Ban juga perlu perawatan saat ini, jadi ingatlah untuk melakukan penyelarasan roda di bengkel spooring terdekat kota Anda, penyeimbangan, dan rotasi ban selama servis ini. Ini membantu mencegah keausan yang tidak merata, serta memperpanjang umur ban dan suspensi. Jangan lupa untuk membersihkan mobil secara menyeluruh dan melumasi semua sambungan dan engsel untuk kelancaran pengoperasian. 

Jika Anda ingin bekerja ekstra, Anda juga dapat memiliki mobil yang diperinci dan digosok dengan lilin untuk melindungi bagian luar dan mempertahankan tampilan baru pada kendaraan.

Pada 15.000 Km

Service berkala mobil 15.000 km akan membawa lebih banyak masalah yang perlu ditangani dan mungkin juga penggantian suku cadang tertentu. Selain ganti oli, ini saat yang tepat untuk memeriksa bantalan rem dan membersihkan rotor cakram. 

Sementara bantalan rem dimaksudkan untuk bertahan lebih lama dari 15.000 km, pengendaraan yang agresif dapat merugikan mereka dan memerlukan penggantian lebih awal dari yang dibutuhkan. Demikian pula, ini juga saatnya memeriksa cairan lain pada kendaraan termasuk rem, transmisi, dan kemudi. 

Interval service berkala mobil 15.000 km juga mencakup pemeriksaan dan pembersihan busi pada mobil bertenaga bensin. Minta mekanik Anda untuk memeriksa sekring, bohlam, dan kopling. Setiap lampu peringatan pada konsol instrumen harus diperiksa dan kode kesalahan harus dihapus menggunakan alat diagnostik. 

Aki mobil perlu diperiksa dan diuji untuk voltase yang tepat, Selain membersihkan terminal. Kemungkinan juga unit HVAC membutuhkan top up untuk gas pendingin yang perlu diisi ulang cairan pencuci kaca depan. Ini juga saat yang tepat untuk melakukan perbaikan pada cangkang bodi mobil untuk menghindari paparan dan karat berikutnya. 

Pastikan untuk memeriksa buku manual pemilik untuk mengetahui apakah pabrikan telah merekomendasikan penggantian suku cadang pada interval servis 15.000 km. Lengkapi servis dengan pencucian detail untuk eksterior dan interior. Buku manual untuk melihat apakah pabrikan telah merekomendasikan penggantian suku cadang pada interval servis 15.000 km. Lengkapi servis dengan pencucian detail untuk eksterior dan interior. 

Manfaat Service Berkala Mobil Secara Rutin

service berkala mobil

1. Perawatan Berkala Meningkatkan Umur Kendaraan

Salah satu manfaat servis berkala mobil adalah memberikan umur Kendaraan yang lebih lama, memastikan bahwa mobil Anda akan menjadi teman setia Anda selama bertahun-tahun. Nah, kesehatan mobil yang baik dan mesin yang sempurna akan selalu meningkatkan performa mobil Anda memastikan keselamatan Anda di jalan raya dan performa mobil yang baik secara keseluruhan untuk waktu yang lebih lama.

2. Performa Mobil Ditingkatkan

Ada berbagai komponen di dalam mobil. Satu bagian yang rusak dapat berdampak pada performa mobil secara keseluruhan. Perawatan Berkala menjaga Setiap komponen dalam kondisi sempurna agar mesin dapat bekerja dengan lancar. Servis mobil secara teratur memastikan bahwa semua komponennya dalam kondisi baik, meningkatkan performa mobil secara keseluruhan

BACA JUGA:  Aplikasi Scanner Android OBD2 Terbaik Download Gratis

3. Service Berkala Mobil Meningkatkan Efisiensi Bahan Bakar

Anda dapat menghemat banyak uang karena efisiensi bahan bakar mobil Anda meningkat dengan Perawatan Berkala . Cairan berbeda di mobil Anda, oli mesin, cairan pendingin, cairan rem, cairan transmisi, cairan pencuci kaca depan dan beberapa lagi. cairan ini perlu diganti setelah beberapa waktu untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar

4. Hindari Perbaikan Mahal

Pemeliharaan Berkala menjamin bahwa setiap potensi kesalahan pada komponen teknis mobil ditangani dan tepat waktu sebelum menjadi masalah penuh, yang mungkin merugikan kami lebih dari biasanya

5. Penyelarasan dan Penyeimbangan Roda

Penjajaran roda yang tepat memastikan mobil Anda berjalan di jalur yang lurus. Mengendarai mobil dengan roda yang tidak sejajar sangat berisiko karena penanganan yang buruk. Respons kemudi, kondisi roda, dan performa pengendaraan secara keseluruhan semuanya dipengaruhi oleh penyelarasan roda .

Itu harus diperiksa setiap 10.000 kilometer.

6. Menambah Nilai Jual Mobil

Mobil dengan service record yang teratur dan terpelihara dengan baik akan selalu menarik pembeli yang akan memberikan nilai lebih untuk mobil Anda. Perawatan berkala dan service mobil akan selalu meningkatkan kepercayaan pembeli dan anda bisa menanyakan harga yang anda inginkan.

7. Menjadikan Kendaraan Anda Bebas Polusi

Kemungkinan terjadinya polusi berlebihan karena knalpot tersumbat dan oli mesin serta cairan lainnya tidak berubah, mobil yang tidak dirawat dengan baik akan selalu mengeluarkan lebih banyak asap dan polutan berbahaya ke udara daripada mobil yang menjalani Perawatan Berkala dan layanan mobil berkualitas baik. Dengan melakukan servis mobil secara teratur, Anda dapat menurunkan jejak karbon dan membantu lingkungan.

8. Keselamatan di Jalan

Perawatan Berkala akan selalu membuat Anda merasa percaya diri saat berkendara dan memberikan performa terbaik dalam hal kerusakan dan keadaan darurat. Kondisi mobil Anda yang baik akan memastikan keamanan jalan Anda ke tingkat maksimal.

Bengkel Rekomendasi Untuk Service Berkala Mobil

bengkel rekomendasi

1. Bengkel Nawilis Radio Dalam

Terletak di Jalan Radio Dalam Raya No.3A-B, RT.10/RW.1, Gandaria Utara, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12140, Bengkel Nawilis Ban Radio Dalam tergolong bengkel yang sudah cukup lama dalam menangani permasalahan kendaraan baik itu service berkala maupun kaki-kaki mobil khususnya urusan spooring dan balancing.

2. Andala Auto Care

Terletak di Jl. Radio Dalam Raya No.F1, RT.5/RW.4, Gandaria Utara, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12140, Bengkel Andala Auto Care telah berpengalaman lebih dari 40 tahun dalam perawatan kendaraan khususnya untuk pergantian ban. Bengkel service berkala ini sangat mengutamakan profesionalitas, kepercayaan dan kepuasan pelanggan serta harga yang bersaing.

3. Bengkel Ford Mastercars

Terletak di Jl. Lebak Bulus Raya No.23, RT.5/RW.2, Lb. Bulus, Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12440, Bengkel Ford Mastercars adalah bengkel spesialis besutan negeri Paman Sam, bagi Anda penggemar berat mobil Ford bisa mengunjungi bengkel yang satu ini.

Saat ini mobil ford sudah menjadi salah satu mobil koleksi bagi sebagian banyak orang, namun terkadang untuk mencari bengkel yang memang spesialis untuk kendaraan yang ini sedikit lebih susah, karena tidak semua teknisi mampu memperbaiki mobil lansiran dari negeri paman sam ini.

Bagi Anda yang kebetulan berada di wilayah jakarta selatan bisa menjajal kemampuan bengkel Mastercars, bengkel spesialis ford yang sudah memiliki sertifikasi untuk semua teknisi yang akan mengerjakan kendaraan ford kesayangan Anda.

BACA JUGA:  Chef Degan Septoadji, Meriahkan Talk Show RORI di IIMS 2023

4. HRA Bengkel Mobil

Terletak di Jl. Raya Cirendeu No.2, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419, bengkel service berkala mobil terdekat wilayah cirendeu, ciputat, berdiri sejak tahun 2001 silam yang di motori oleh mantan kepala bengkel Heri Cahyono, seorang pengusaha sukses yang telah berhasil bekerja sama dengan ratus cabang Dealer Toyota seluruh indonesia dalam hal perbaikan kaki-kaki (Spooring)

HRA bengkel mobil melayani segala jenis merk mobil, didukung oleh peralatan yang modern dan mekanik yang berpengalaman dan terdidik serta layanan yang terus ditingkatkan. Bengkel mobil terdekat pondok cabe ini rutin mengadakan modernisasi alat, system maupun layanan, sehingga sesuai dan compatible dengan teknologi saat ini.

5. Bengkel Mutiara Car Care

Terletak di Jln. Margonda Raya No.350, Kemiri Muka, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16423, Bengkel Mutiara Car Care adalah bengkel service berkala mobil sekaligus specialist spooring balancing dan ganti oli mobil terdekat depok yang memiliki fasilitas kekinian dalam hal perawatan kendaraan baik pergantian oli mesin maupun kuras oli matic. Selain itu bengkel mobil depok yang satu ini adalah spesialis dalam perbaikan kaki-kaki dan menyediakan berbagai macam produk Oli berkualitas

Bengkel sekaligus Toko ban mobil terdekat ini adalah pusat perawatan kendaraan terlengkap di depok sekaligus jaringan TOMO Bridgestone yang telah lama berkiprah dalam penjualan ban dan spooring balancing. Berbekal kepercayaan pelanggan, bengkel ban mobil depok Mutiara Car Care terus berupaya memberikan layanan terbaiknya dalam perawatan kendaran khususnya

Berbekal kepercayaan pelanggan, bengkel ban mobil depok Mutiara Car Care terus berupaya memberikan layanan terbaiknya dalam perawatan kendaran khususnya pergantian ban baru dengan dukungan peralatan kekinian dan teknisi yang berpengalaman dibidangnya.

6. Bengkel Fam Auto

Terletak di Jl. Cikunir Raya 55 Jatimekar, Jatiasih, Bekasi, RT.001/RW.013, Jatimekar, Kec. Jatiasih, Kota Bks, Jawa Barat 17422, bengkel Fam Auto adalah bengkel service berkala mobil sekitar jatiasih yang juga menangani mobil merk honda selain mobil umum, atau lebih dikenal dengan nama Honda Camp, Bengkel yang sudah berdiri cukup lama ini menjadi salah satu bengkel rekomendasi terbaik di bilangan Jatiasih, Bekasi.

Bengkel ini juga memberikan jasa perbengkelan dan perbaikan yang meliputi Antar jemput kendaraan, sehingga Anda tak perlu repot untuk datang ke bengkel dan menghabiskan waktu Anda.

CV. FAMILY AUTO MOTOR atau lebih populer dengan sebutan Fam Auto adalah sebuah Bengkel yang bergerak dalam bidang usaha jasa perbaikan dan perawatan mobil. Bengkel mobil jatiasih Fam Auto resmi beroperasi sejak tanggal 10 September 2005 dan berlokasi di jalan Raya Cikunir nomor 55, Jatiasih, Bekasi dan di jalan MT. Haryono nomor 7, Burangkeng, Setu, Bekasi. Workshop kami mampu menampung, 50 kendaraan pelanggan.

Kesimpulan

Pemeliharaan Berkala sangat penting yang membantu kinerja lebih baik, umur mobil lebih lama, efisiensi bahan bakar, penghematan uang, mengurangi polusi, keamanan lebih baik, nilai jual kembali terbaik, dan banyak lagi. Jika Anda menyervis mobil Anda secara berkala maka ada kemungkinan Anda terhindar dari jerawat besar yang dapat membuang banyak waktu dan menyebabkan ketidaknyamanan.

Service berkala mobil tentu bisa sangat membantu dalam memastikan umur panjang mobil Anda. Meskipun demikian, mobil yang dirawat dengan baik tidak berarti Anda dapat melewatkan pembelian asuransi mobil untuk hal yang sama.

Meskipun mobil baru mungkin mengalami lebih sedikit kerusakan, kecelakaan lebih dari cukup untuk menghabiskan semua perhatian, waktu, tenaga, dan uang itu, tidak lupa bahwa mengendarai mobil tanpa asuransi motor yang valid adalah ilegal . Pemilik mobil yang cerdas bukan hanya sekedar merawat mobilnya, tapi juga membackupnya dengan asuransi mobil yang tepat.

Semoga bermanfaat

Salam Otomotif

Add a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Recent Posts

About Us

Torque
Torque
Blog Editor

Menulis bukan sekedar hoby, tapi menjadikan tulisan ada di halaman #1 pencarian Google (SERP) merupakah sesuatu yang tidak dapat dinilai dengan apapun. Karena menjadi yang terbaik adalah sebuah keinginan bukan cita-cita yang bisa dicapai hanya dengan rebahan.

Business Partner

Listing Terbaru

Bengkel Nawilis Ban Bogor, Spesialis Spooring Balancing
Hubungi Kami
General Service
Specialist

Newsletter

Subscribe newsletter kabar bengkel untuk mendapatkan informasi diskon produk dan artikel baru kami

Cari bengkel mobil terdekat di kota mu kini lebih mudah dengan situs kabarbengkel.com, pilih jaringan bengkel di sini dan nikmati pengalaman servis yang lebih baik dengan berbagai dukungan dari bengkel ternama dan modern di kota mu.
Open Chat
1
Kabar Bengkel Dotcom
Hallo Kak 👋
Ada yang bisa kami bantu?