Perbedaan Mesin Diesel Dan Mesin Bensin, Mana Yang Terbaik?
Perbedaan Mesin Diesel Dan Mesin Bensin, Mana Yang Terbaik?

Perbedaan Mesin Diesel Dan Mesin Bensin, Mana Yang Terbaik?

Februari 27, 2023

Perbedaan Mesin Diesel Dan Mesin Bensin, Mana Yang Terbaik?

Perbedaan Mesin Diesel Dan Mesin Bensin, Kabar Bengkel – Setiap mobil memiliki mesin, tetapi tidak setiap mobil memiliki mesin yang sama. Kedengarannya sederhana, kata-kata diatas mungkin terlalu filosofis, tapi itu benar adanya sob. Dan dua jenis mesin yang paling populer adalah mesin bertenaga bensin dan mesin bertenaga diesel. Tapi apa bedanya, apakah keduanya bisa dipertukarkan, dan apa manfaatnya masing-masing?

Saat Anda memilih kendaraan baru, Anda memiliki beberapa faktor yang perlu Anda pertimbangkan. Anda harus memutuskan apakah Anda menginginkan sedan, truk, atau SUV. Anda kemudian harus memilih jenis fitur yang tersedia yang Anda inginkan. Anda juga perlu mempertimbangkan jenis bahan bakar apa yang ingin Anda gunakan.

Anda mungkin bertanya-tanya tentang perbedaan sebenarnya antara bensin dan solar. Panduan bermanfaat ini akan membahas perbedaan utama antara kedua mesin ini sehingga Anda dapat memutuskan mana yang tepat untuk Anda.

Apa Perbedaan Antara Mesin Bensin dan Diesel?

Perbedaan Mesin Diesel Dan Mesin Bensin

Mesin bensin dan diesel dikenal sebagai mesin empat langkah. Sederhananya, bahan bakar dan udara disuntikkan ke dalam sebuah ruangan. Udara dan bahan bakar itu dikompresi oleh piston yang mendorong dan dinyalakan. Ledakan bahan bakar itu mendorong piston kembali ke bawah, lalu saat piston naik kembali, semua knalpot terdorong keluar. Siklus ini berulang sampai Anda kehabisan bensin, yang semoga tidak pernah terjadi.

Tapi langkah ketiga itu, saat bahan bakar dinyalakan, adalah saat segalanya mulai berbeda. Mesin bensin menggunakan sesuatu yang disebut busi . Anggap saja seperti taser kecil yang menghasilkan percikan api untuk menyalakan bensin/mendorong piston ke bawah. Jika Anda memiliki mesin empat silinder, Anda memiliki empat busi.

BACA JUGA:  Software Akuntansi Kledo, Software Akuntansi Online Pilihan Bengkel

Mesin diesel tidak memiliki busi. Sebaliknya, udara dan bahan bakar jauh lebih terkompresi. Dan kompresi yang cepat itu menghasilkan panas, yang menyalakan bensin daripada percikan eksternal. Itulah penjelasan SparkNotes yang sederhana. Tetapi jika mesin bensin dan mesin diesel menggunakan proses empat langkah yang sama, mengapa mereka tidak menggunakan bahan bakar yang sama.

Pelajari Juga Sob:

Penemuan Mesin Bensin dan Diesel

Perbedaan Mesin Diesel Dan Mesin Bensin

Perbedaan antara mesin diesel dan bensin dimulai dengan penemuannya. Pada tahun 1876, Nikolaus August Otto menemukan mesin bensin. Mesin pembakaran empat langkah ini tidak terlalu efisien. Hanya sekitar 10% bahan bakar yang benar-benar digunakan untuk menggerakkan kendaraan . Sisa bahan bakar hanya menghasilkan panas. Namun, mesin bensin ini menawarkan cetak biru dasar untuk mesin mobil modern.

Pada tahun 1878, Rudolf Diesel belajar teknik di Sekolah Menengah Politeknik ketika dia mengetahui tentang efisiensi mesin bensin yang buruk. Dia percaya harus ada solusi yang lebih efisien, dan dia mulai menemukannya. Pada tahun 1892, ia menemukan dan mematenkan apa yang pada saat itu disebut mesin tenaga pembakaran. Hari ini, kita mengenalnya sebagai mesin diesel.

Apa Perbedaan Antara Bensin dan Solar?

Perbedaan Mesin Diesel Dan Mesin Bensin

Ada dua perbedaan utama antara bensin dan solar : ketebalan dan mudah terbakar. Yang pertama cukup mudah dimengerti. Bensin jauh lebih tipis daripada solar, sedangkan diesel memiliki konsistensi yang mirip dengan minyak. Tapi meski campurannya lebih kaya, sebenarnya kurang mudah terbakar dibandingkan bensin. Bukannya tidak akan terbakar jika Anda menyalakan korek api, tetapi bensin akan menyala lebih cepat.

BACA JUGA:  Tanda V-Belt Harus Diganti Ini 5 Cirinya, Jangan Tunggu Sampai Putus

Karena itu, jangan pernah menggunakan bahan bakar solar di mesin bensin atau bensin di mesin diesel. Kecuali jika Anda ingin menghancurkan mesin, dalam hal ini silakan saja. Memasukkan diesel ke dalam mobil bensin akan menyumbat pompa bahan bakar dan injektor, yang tidak dirancang untuk menangani campuran yang berat.

Sekarang, mesin diesel sangat tahan lama, mampu bekerja dengan berbagai bahan bakar seperti biodiesel , Dimethyl Ether (bahan utama hairspray), dan bahkan minyak sayur bekas. Faktanya, mesin diesel pada awalnya dirancang untuk bekerja dengan minyak kacang tanah (menurut Auto Evolution ), sumber daya yang murah dan dapat diakses untuk membantu merangsang ledakan otomotif di seluruh dunia. Namun, mereka tidak bisa menggunakan bensin.

Ini sebagian karena semua bahan bakar yang disebutkan di atas, dan solar itu sendiri, lebih mirip dengan minyak. Mereka memiliki kualitas pelumas yang membuat mesin beroperasi dengan halus saat diesel mengalir melewatinya. Dengan kata lain, jika bahan bakar diesel tidak memiliki kualitas pelumasan seperti itu, itu akan merusak mesin. Bensin hanyalah bensin, itu tidak dimaksudkan untuk melumasi apa pun, yang akan merusak bagian-bagian dan merusak mesin.

Jadi jangan campur keduanya, itu akan menjadi paku di peti mati untuk mobil Anda. Tetapi ketika Anda memasukkan jenis bahan bakar yang tepat ke dalam mesin yang tepat, diesel ke diesel dan bensin ke bensin, mesin ini memiliki beberapa keunggulan berbeda.

Mana Yang Lebih Baik: Bensin atau Solar?

mana yang terbaik

Nah sekarang, itu pertanyaan yang dimuat. Memutuskan mana yang lebih baik tergantung pada apa yang Anda cari di dalam mobil. Kedua pilihan itu bagus untuk performa dan pekerjaannya masing-masing, tetapi Anda tidak ingin membawa diesel ke pertarungan bensin.

BACA JUGA:  Mobil Bekas Terbaik Yang Layak Anda Pinang, Ini Dia 10 Modelnya

Keuntungan dari mesin bensin adalah dapat lebih kecil namun tetap beroperasi pada RPM yang lebih tinggi, sedangkan mesin diesel berukuran besar dan hanya dapat melaju sangat cepat. Mesin bensin juga lebih murah perawatannya, dan bahan bakar yang mereka gunakan lebih mudah tersedia di seluruh negeri. Dan jika Anda ingin menyelamatkan lingkungan, tetapi belum bisa menggunakan listrik, maka bensin juga merupakan pilihan yang lebih bersih.

Mesin diesel, di sisi lain, berjalan selamanya. Mesin jenis ini mungkin keras dan berdeguk, tidak seperti mesin bensin, tetapi mereka adalah pilihan masuk untuk rig besar jarak jauh dan bus sekolah. Jika Anda memberi mereka bahan bakar, mereka akan terus berjalan. Mereka juga cenderung lebih torsi, mampu menarik beban lebih berat. Ini menjelaskan mengapa mereka beroperasi dengan sangat bagus dan bertenaga pada RPM rendah.

Singkat cerita, jika Anda mencari kecepatan dan performa tinggi, Anda pasti menginginkan mesin berbahan bakar bensin. Tetapi jika Anda perlu menderek, atau melakukan perjalanan jauh, maka diesel adalah pilihan yang lebih baik.

Add a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Recent Posts

About Us

Torque
Torque
Blog Editor

Menulis bukan sekedar hoby, tapi menjadikan tulisan ada di halaman #1 pencarian Google (SERP) merupakah sesuatu yang tidak dapat dinilai dengan apapun. Karena menjadi yang terbaik adalah sebuah keinginan bukan cita-cita yang bisa dicapai hanya dengan rebahan.

Listing Terbaru

Newsletter

Subscribe newsletter kabar bengkel untuk mendapatkan informasi diskon produk dan artikel baru kami

Cari bengkel mobil terdekat di kota mu kini lebih mudah dengan situs kabarbengkel.com, pilih jaringan bengkel di sini dan nikmati pengalaman servis yang lebih baik dengan berbagai dukungan dari bengkel ternama dan modern di kota mu.
Copyright © 2021 Kabar Bengkel. Group By PT. Kabar Bengkel Dotcom
Open Chat
1
Kabar Bengkel Dotcom
Hallo Kak 👋
Ada yang bisa kami bantu?