Oli Mesin Mobil Terbaik Ini Bikin Kendaraan Kamu Makin Ngacir
Oli Mesin Mobil Terbaik Ini Bikin Kendaraan Kamu Makin Ngacir

Oli Mesin Mobil Terbaik Ini Bikin Kendaraan Kamu Makin Ngacir

Februari 22, 2023

Oli Mesin Mobil Terbaik Ini Bikin Kendaraan Kamu Makin Ngacir

Depok, Kabar Bengkel – Anda mungkin mengira bahwa tujuan utama oli mesin adalah hanya untuk melumasi berbagai bagian yang akan Anda temukan di bawah kap mobil Anda. Dan mungkin pernyataan ini akan benar: ini mencegah serpihan logam yang direkayasa secara ketat agar tidak bergemerincing dan tergores bersama – yang dapat menyebabkan kerusakan dan merugikan Anda. Tapi oli mesin mobil terbaik melakukan lebih dari itu.

Oli tidak hanya membantu menghilangkan panas yang dihasilkan dari gesekan dan proses pembakaran di dalam silinder, tetapi juga membantu menjaga komponen mesin tetap bersih. Saat mesin bekerja, ia menghasilkan partikel-partikel kecil yang jika tidak akan menumpuk di mesin.

Karena alasan inilah oli mobil yang Anda tuangkan ke dalam mesin, tanpa perawatan rutin, akan terkuras dalam lumpur yang keluar. Selain itu, oli mesin juga menyegel ketidaksempurnaan mikroskopis pada komponen mesin, dan juga membantu mencegah korosi.

Dengan banyaknya tawaran dari bengkel atau toko oli untuk pelumas mobil yang cocok, terkadang memilih tipe oli bisa terjadi kesalahan untuk mesin mobil Anda dan dapat mengakibatkan kinerja mesin menjadi kasar, bahan bakar semakin boros, atau bahkan terjadi kerusakan mesin.

Untuk menentukan oli mana yang harus Anda gunakan, Anda bisa melihat buku pegangan mobil Anda, bicarakan dengan dealer dimana Anda membeli mobil atau dengan melihat referensi dari berbagai sumber melalui internet.

Pada artikel kami ini, Anda akan menemukan pilihan oli mesin mobil terbaik yang tersedia saat ini, berdasarkan klaim produsen dan peringkat pelanggan di berbagai penjualan online maupun offline. Sebelumnya pelajari terlebih dahulu, panduan dari tim kabar bengkel tentang cara memilih oli mobil terbaik untuk mobil Anda.

Bagaimana Memilih Oli Mesin Mobil Terbaik?

Oli mesin mobil terbaik

Apakah saya perlu menggunakan oli yang direkomendasikan pabrikan mobil saya?

Selama Anda menggunakan jenis oli yang tepat, mobil Anda akan baik-baik saja dengan merek apa pun – meskipun lebih baik memilih produk dari produsen terkemuka. Ingatlah bahwa oli yang direkomendasikan dari pabrikan – terkadang disebut sebagai oli OE (Original Equipment) – akan digunakan selama pengembangan mesin mobil.

Ini berarti desain dan toleransi mesin mobil akan didasarkan pada oli tertentu yang berperilaku dengan cara tertentu. Menggunakan jenis Oli yang lain Anda juga berisiko membatalkan garansi mobil Anda.

Perbedaan Antara Oli Mineral, Full Sintetik, atau Semi Sintetik?

Oli mineral adalah produk sampingan dari proses penyulingan minyak mentah dan banyak digunakan pada mesin yang lebih tua dan lebih mendasar. Mereka umumnya lebih murah daripada oli semi atau full sintetik, meskipun banyak pemilik mobil klasik dengan senang hati membelanjakan lebih banyak untuk yang terbaik.

Oli sintetis berada di ujung spektrum yang berlawanan, menawarkan manfaat besar untuk mesin berperforma tinggi. Oli jenis ini juga didasarkan pada minyak mentah; namun, oli ini mengalami transformasi kimia kompleks yang memodifikasi minyak dan menghilangkan kotoran. Akibatnya, oli jenis ini mengalir dengan baik pada suhu rendah dan tetap stabil pada suhu tinggi.

Baca Juga Sob:

BACA JUGA:  Bensin Untuk Motor Matic Yang Cocok? Pertamax Atau Pertalite

Oli semi-sintetik mewakili konsumen yang mencari harga sesuai kocek. Sebagai campuran 100% minyak sintetis dan mineral, harganya lebih murah daripada yang sebelumnya, tetapi masih menawarkan banyak sifat dari yang terakhir.

Tidak semua jenis oli cocok untuk semua mesin, jadi selalu periksa rekomendasi dealer Anda.

Apa Arti Angka Pada Botol Kemasan Oli?

Di setiap wadah oli mesin, Anda akan melihat rangkaian angka seperti 5W-30. Ini berhubungan dengan viskositas – ukuran resistensi fluida untuk mengalir. Sangat penting untuk memilih tingkat oli yang tepat untuk kendaraan kesayangan Anda.

Angka pertama menilai viskositas oli pada 0ºF (-17,8ºC); semakin rendah angkanya, semakin sedikit kekentalan oli di musim dingin (yang menjelaskan angka W). Angka setelah tanda hubung mengacu pada ketahanan oli terhadap pengenceran pada suhu mesin yang tinggi. Sekali lagi, penting bagi Anda untuk menggunakan kelas oli yang tepat untuk mesin Anda.

Oli Mesin Mobil Terbaik Yang Bisa Anda Beli di Tahun 2023

1. Castrol Edge: Oli full sintetik terbaik

Oli mesin mobil terbaik

Castrol mengklaim minyak Edge-nya adalah yang terbaik yang dibuat dalam sejarah merek selama lebih dari 115 tahun, dan merupakan produk oli mobil yang direkomendasikan untuk mobil Jaguar, Land Rover, dan Volvo. Pengguna pasti setuju, dengan peringkat bintang 4,8 di ribuan ulasan di situs web Amazon dan Halfords.

Edge mengandung teknologi “Fluid Titanium”, yang menjadikannya lebih kaku saat berada di bawah tekanan tinggi, membantu mempertahankan jarak bebas di dalam mesin sekaligus mengurangi gesekan. Castrol mengklaim pengurangan gesekan sebesar 20% dibandingkan dengan oli yang tidak menggunakan Fluid Titanium, menyatakan bahwa hal itu dapat meningkatkan performa mesin hingga 10%.

Spesifikasi utama – Ukuran botol: 4 liter; Nilai yang tersedia: 0W-20, 0W-30, 0W-40, 5W-30, 5W-40

2. Castrol Magnatec: Oli semi-sintetik terbaik

Oli mesin mobil terbaik

Kami akan mulai dengan kata hati-hati – karena sebagian besar rentang Magnatec Castrol sepenuhnya sintetis; hanya 10W-40 dan versi dengan kualitas yang sama yang cocok untuk mesin diesel adalah semi-sintetik. Tetapi Anda tidak dapat berdebat dengan peringkat bintang hampir lima di situs web Halfords atau Amazon untuk mobil yang membutuhkan 10W-40 (tingkat oli semi-sintetis yang paling umum tersedia).

Castrol mengatakan konstruksi molekul Magnatec menghasilkan minyak yang bertindak sebagai “medan gaya” di sekitar komponen. Akibatnya, ini berarti oli menempel pada permukaan untuk memastikan perlindungan selama start hangat – di mana 75% keausan mesin terjadi – dan siklus start-stop. Castrol dengan berani mengklaim pengurangan keausan mesin sebesar 50%, menjadikan oli ini bagus untuk keandalan, penghematan, dan kinerja.

Spesifikasi utama – Ukuran botol: 4 liter; Nilai yang tersedia: 10W-40

3. Oli Mesin Pistoneeze Klasik Millers: Oli mineral terbaik

Pistoneeze Klasik Millers

Oli mobil terbaik ini mungkin tidak di jual di pasaran Indonesia sob, tapi Anda bisa menjajal kemampuan dari Oli yang satu ini dengan membeli melalui online di web Halfords. Jika Anda memiliki mobil klasik maka oli mobil ini adalah rekomendasi terbaik kami.

Tidak salah lagi target audiens untuk Oli Pistoneeze Millers: tabung logam merah terang dengan label Aston Martin tidak akan terlihat aneh di rak garasi pascaperang. Millers mengatakan itu terutama ditujukan untuk kendaraan pra-1980, yang dirancang untuk dilumasi oleh oli multigrade yang tersedia saat itu.

Oli mineral ini menggunakan aditif modern tetapi mempertahankan viskositas hari itu untuk pelumasan yang tepat, dan cocok untuk mobil klasik dengan jarak tempuh yang lebih tinggi – baik bensin maupun solar – di mana viskositas tinggi membantu mengurangi kebocoran oli. Ini ditawarkan dalam kelas 10W30, 10W40, 15W40, 20W50, dan dinilai tinggi oleh pengguna Halfords dan Amazon.

Spesifikasi utama – Ukuran botol: 5 liter; Nilai yang tersedia: 10W-30, 10W-40, 15W-40, 20W-50

4. Mobil 1 Extended Performance

Mobil 1 Extended Performance

Mobil 1 adalah merek oli mesin mobil terbaik dan mapan yang dikenal dengan produk berkualitas tinggi. Anda hanya perlu mengganti oli motor sintetik ini setiap 15.000 KM, dan oli ini menawarkan perlindungan mesin yang tahan lama untuk kendaraan dengan jarak tempuh tinggi.

Tersedia dalam beberapa kekentalan,  oli motor Mobil 1 High Mileage Full Synthetic  adalah oli yang andal. Harganya mungkin sedikit lebih tinggi daripada oli konvensional, tetapi Anda akan menghemat uang dalam jangka panjang karena Anda tidak perlu terlalu sering mengganti oli ini.

BACA JUGA:  Kelebihan dan Kekurangan Mobil Listrik, Cek Sebelum Membeli

Fitur Utama

  • Jenis minyak : Sintetis
  • Agen pembersih mengurangi lumpur minyak
  • Seal conditioner mencegah kebocoran mesin
  • Ganti setiap 15.000 KM

Apa Kata Pelanggan

Skor Ulasan Amazon : 4,8 dari 5 berdasarkan lebih dari 29.000 peringkat

Sebagian besar pengulas senang dengan umur panjang Mobil 1 High Mileage Full Synthetic Motor Oil, yang dapat bertahan bahkan melebihi 10.000,0 mil. Oli yang relatif murah ini mengurangi kebocoran mesin, dan setidaknya satu pengulas mengklaimnya membantu pembakaran oli.

Sebagian besar komentar negatif di Amazon berasal dari pelanggan yang menerima botol bocor. Seorang pengulas kecewa karena Mobil 1 tidak menghargai kupon rabat.

5. Pennzoil High Mileage Conventional 10W-30

Pennzoil High Mileage Conventional 10W-30

Sama seperti Oli Pistoneeze Millers, jenis oli ini mungkin tidak dijual dipasaran Indonesia, namun Anda bisa membelinya melalui web Amazon, Ebay atau Ali Baba. Jika Anda lebih memilih oli konvensional daripada oli sintetik karena harganya yang lebih murah maka Pennzoil  menawarkan oli jarak tempuh tinggi yang sangat baik. 

Oli mesin mobil terbaik ini memiliki aditif untuk mencegah penumpukan lumpur, membersihkan mesin lama, menyegel kebocoran kecil, dan memulihkan katup lama.

Pennzoil juga hadir dalam botol dengan desain yang mudah dituang untuk mencegah tumpahan.

Fitur Utama

  • Jenis minyak : Konvensional
  • Diformulasikan khusus untuk van, SUV, dan truk
  • Mencegah penumpukan lumpur
  • Desain botol yang mudah dituang
  • Mengandung bahan pembersih aktif
  • Agen penyegel menyumbat kebocoran kecil

Apa Kata Pelanggan

Skor Ulasan Amazon : 4,8 dari 5 berdasarkan lebih dari 5.300 peringkat

Saat mempertimbangkan harganya, sebagian besar pengguna senang dengan Pennzoil. Meskipun tidak banyak pengulas yang menyukai Pennzoil seperti Mobil 1, merek sebelumnya masih merupakan oli motor yang andal untuk kendaraan dengan jarak tempuh tinggi.

Yang membingungkan, foto produk Pennzoil di Amazon menampilkan wadah minyak sintetis. Namun, beberapa orang mencatat bahwa mereka menerima oli motor konvensional.

6. Havoline Synthetic Blend SAE 10W-40

Havoline Synthetic Blend SAE 10W-40

Oli mesin mobil Caltex Havoline Synthetic Blend SAE 10W-40 adalah oli motor multigrade dengan performa tinggi diformulasikan dari campuran khusus oli mineral terpilih, fluida dasar sintetik dan menerapkan teknologi aditif untuk digunakan pada mobil penumpang dan truk bensin ringan serta mesin diesel dalam jangkauan kondisi operasi yang luas.

Tersedia dalam ukuran 1L dan 4L.

Kelebihan

  • Memperpanjang umur mesin
    Kemampuan kisaran suhu yang luas dari fluida dasar sintetik menjamin viskositas oli yang tepat untuk mengurangi gesekan pada saat mesin mulai bekerja, dan untuk memberikan lubrikasi maksimum pada operasi suhu tinggi. Sistem aditif anti aus yang efektif meminimalkan keausan bahkan pada mekanisme katup paling canggih sekalipun, termasuk untuk VVT.
  • Menjaga kekuatan dan performa penuh
    Bekerja secara langsung setelah kontak dengan bagian mesin yang bergerak untuk menciptakan lapisan proteksi yang melindungi mesin terhadap deposit sehingga dapat menjaga kekuatan dan performa penuh. Memberikan kontrol yang baik terhadap ring belt dan deposit piston skirt bahkan pada kondisi operasi paling buruk sekalipun.
  • Mengurangi biaya perbaikan
    Stabilitas termal yang baik serta ketahanan oksidasi memberikan perlindungan maksimum terhadap degradasi oli terpakai yang berkontribusi dalam penyumbatan filter dan pembentukan endapan pada galeri oli, bak mesin, dan katup.

Fitur

  • Havoline Synthetic Blend adalah oli motor multigrade berperforma tinggi yang diformulasikan dari campuran khusus oli mineral pilihan, cairan dasar sintetis dan teknologi aditif yang cocok digunakan pada mobil penumpang dan truk ringan berbahan baakr bensin dan diesel dalam berbagai kondisi pengoperasian.
  • Havoline Synthetic Blend mampu secara optimal memberikan perlindungan mesin penuh plus kinerja superior dibandingkan dengan oli motor yang diformulasikan dengan oli mineral konvensional.    
  • Havoline dengan Deposit Shield adalah formula deterjen terdepan yang membantu mencegah penumpukan deposit untuk meningkatkan stabilitas oli dan meningkatkan daya tahan mesin.

Aplikasi

  • Mesin bensin yang digerakkan secara alami oleh turbin pada mobil penumpang dan kendaraan komersil ringan yang membutuhkan oli dengan tingkat viskositas SAE 10W-40 dan termasuk API SN atau performa ACEA A3/B4.
  • Mesin diesel yang digerakkan secara alami oleh turbin pada mobil penumpang dan kendaraan komersil ringan yang membutuhkan oli dengan tingkat viskositas SAE 10W-40 dan termasuk API SN atau performa ACEA A3/B4.
BACA JUGA:  Bengkel Mobil Jakarta Selatan, Mana Yang Terbaik? Cek Disini..

Tidak direkomendasikan untuk penggunaan pada mesin diesel atau mesin bensin yang membutuhkan oli berklasifikasi ACEA A1/B1, A5/B5, atau seri-C, pada mesin berbahan bakar gas (CNG atau LPG), atau pada mesin sepeda motor apapun.

Mengidentifikasi Oli Mesin Mobil Berkualitas Tinggi

Oli mesin mobil terbaik

Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan jika Anda mencari oli dengan jarak tempuh yang tinggi agar kendaraan Anda tetap di jalan. Salah satu hal terpenting yang harus diwaspadai saat Anda berbelanja oli adalah apakah oli tersebut menampilkan simbol “starburst” American Petroleum Institute (API) atau tidak. Simbol ini menandakan apakah suatu oli memenuhi standar Komite Penasihat Spesifikasi Pelumas Internasional (ILSAC) terbaru.

Baca Juga Sob: Bengkel Mobil Jakarta Selatan, Mana Yang Terbaik? Cek Disini

Kyle Marker, Manajer Bagian di Leith Lincoln dengan pengalaman lebih dari 10 tahun di industri suku cadang mobil aftermarket, menganggap simbol ini sebagai tanda oli motor yang berkualitas. Dia berkata, “Apa pun dengan bintang API, American Petroleum Institute, kan? Adalah oli bersertifikat dan saya jamin ini akan bekerja di mobil Anda.

Marker menggandakan pernyataannya sebelumnya, dengan mengatakan “Jika ada API di dalamnya – itu akan bekerja di Mercedes Anda, itu akan bekerja di Ferrari Anda. Anda tahu, itu juga akan berfungsi pada fork lift yang saya miliki di luar.

Oli Mesin Dengan Jarak Tempuh Tinggi: Apa Fungsinya?

Oli dengan jarak tempuh tinggi paling baik digunakan pada kendaraan dengan jarak tempuh lebih dari 120.000 KM. Ini membantu untuk mengatasi masalah yang secara rutin dihadapi oleh kendaraan dengan jarak tempuh yang tinggi. Namun, oli dengan jarak tempuh yang tinggi bukanlah keajaiban – dan tidak akan menyelesaikan masalah mesin yang serius.

“Ini preventif. Oli akan selalu bersifat preventif menurut saya, ”kata Marker, salah satu pakar suku cadang mobil aftermarket dengan pengalaman lebih dari satu dekade. Dia memperingatkan pelanggan, dengan mengatakan, “Menurut pendapat saya, hanya ada sedikit produk siap pakai yang dapat memecahkan masalah mesin pembakaran internal. Hampir semuanya adalah minyak ular”. Marker merenung sejenak, sebelum mengklarifikasi, “Dengan sangat sedikit pengecualian.”

Apakah Saya Membutuhkan Oli Jarak Tempuh Tinggi?

identifikasi oli

Banyak oli dengan jarak tempuh tinggi terbaik menunjukkan bahwa oli tersebut diperlukan setelah mobil Anda melewati batas 120.000 KM. Namun, meskipun mobil Anda memiliki jarak tempuh lebih dari 120.000 KM, Anda mungkin tidak memerlukan oli dengan jarak tempuh yang tinggi. Anda harus mempertimbangkan oli jenis ini jika Anda mulai melihat adanya kebocoran atau mobil Anda banyak membakar oli.

Perbedaan utama antara oli yang diiklankan sebagai “oli jarak tempuh tinggi” dan oli standar adalah banyaknya Zinc dialkil dithiophosphate (ZDDP). Dicampur ke dalam oli motor, ZDDP dapat mengurangi seberapa banyak keausan oli pada mesin, filter, seal, dan gasket Anda. Oli jarak tempuh tinggi juga mungkin memiliki aditif lain yang membantu membersihkan mesin Anda. 

Oli jarak tempuh tinggi terbaik dapat mengurangi kebocoran pada mesin lama dan bahkan membengkak segel mesin yang ada untuk menyumbat kebocoran.

ZDDP dalam oli berkontribusi terhadap peningkatan polusi, dan mesin yang lebih baru tidak memerlukan oli mesin dengan konsentrasi ZDDP yang tinggi. Oleh karena itu, kami tidak menganggap perlu menggunakan oli dengan jarak tempuh yang tinggi pada mobil modern yang olinya tidak bocor atau gosong.

Kendaraan yang lebih tua (diproduksi sebelum tahun 1990) mungkin mendapat manfaat lebih dari oli dengan jarak tempuh yang tinggi.

Kesimpulan

Oli adalah bagian dari suku cadang yang tidak bisa dianggap enteng, jika Anda salah membeli oli maka resiko kerusakan mesin mobil Anda tinggal menunggu waktu. Namun Anda bisa mengkonsultasikan kebutuhan Oli mobil Anda di bengkel ganti oli mobil terdekat di kota Anda. Dan jika Anda berada di wilayah Depok dan sekitarnya Anda bisa melakukan konsultasi langsung di bengkel Mutiara Car Care

Jika Anda adalah professional yang sibuk Anda juga bisa melakukan Booking Service Online di bengkel Mutiara Car Care dengan mengikuti tautan kami dibawah ini. Jadi Anda bisa terus melakukan perawatan mobil kesayangan Anda secar rutin dan berkala tanpa harus repot datang langsung dan menunggu antrian service kendaraan.

Add a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Recent Posts

About Us

Torque
Torque
Blog Editor

Menulis bukan sekedar hoby, tapi menjadikan tulisan ada di halaman #1 pencarian Google (SERP) merupakah sesuatu yang tidak dapat dinilai dengan apapun. Karena menjadi yang terbaik adalah sebuah keinginan bukan cita-cita yang bisa dicapai hanya dengan rebahan.

Business Partner

Listing Terbaru

Bengkel Nawilis Ban Bogor, Spesialis Spooring Balancing
Hubungi Kami
General Service
Specialist

Newsletter

Subscribe newsletter kabar bengkel untuk mendapatkan informasi diskon produk dan artikel baru kami

Cari bengkel mobil terdekat di kota mu kini lebih mudah dengan situs kabarbengkel.com, pilih jaringan bengkel di sini dan nikmati pengalaman servis yang lebih baik dengan berbagai dukungan dari bengkel ternama dan modern di kota mu.
Open Chat
1
Kabar Bengkel Dotcom
Hallo Kak 👋
Ada yang bisa kami bantu?