Tips Memilih Oli Mesin Mobil Terbaik Untuk Kendaraan Anda
Tips Memilih Oli Mesin Mobil Terbaik Untuk Kendaraan Anda

Tips Memilih Oli Mesin Mobil Terbaik Untuk Kendaraan Anda

Februari 4, 2022

Tips Memilih Oli Mesin Mobil Terbaik Untuk Kendaraan Anda

Tips Memilih Oli Mesin Mobil – Pergantian Oli mesin sangat penting untuk setiap kendaraan. tujuannya tak lain untuk memastikan kendaraan tetap prima dan tidak rewel saat pemakaian, karena fakta bahwa melumasi bagian dalam mesin akan memastikan insulasi yang lebih baik, melawan karat dan mengurangi keausan komponen dan yang tak kalah pentingnya berkontribusi terhadap panas pembuangan.

Cara Memilih Oli Mesin Mobil Cukup Sederhana

Untuk memastikan bahwa kita membeli oli mesin terbaik, ada baiknya untuk memeriksa kompatibilitas dengan jenis mesin terlebih dahulu, karena oli dibagi menjadi:

  • Oli untuk mesin bensin;
  • Oli mesin diesel;
  • Oli universal (yang dapat digunakan untuk mesin bensin dan diesel).

Oli mesin terbaik adalah oli universal, tetapi kita harus hati-hati memeriksa spesifikasi pabrikan mobil dan lembar data teknis oli yang ingin kita beli.Oli mesin saat ini diklasifikasikan menjadi tiga kelas:

  • Mineral;
  • Semi sintetis;
  • Sintetis.

Jika dua minyak pertama adalah hasil dari proses pengolahan minyak (mengandung antara 18 dan 34 molekul caron di setiap molekul), minyak sintetis mengalami proses kimia yang sangat kompleks dan diperkaya dengan berbagai macam perekat yang memiliki peran Meskipun oli mineral masih bekerja dengan baik, oli sintetik menjaga performanya tetap tinggi bahkan pada suhu ekstrem (misalnya, memastikan mobil dapat dihidupkan dengan cepat di musim dingin atau di musim panas)

Tips Memilih Oli Mesin Mobil Terbaik Untuk Kendaraan Anda
Tips Memilih Oli Mesin Mobil Terbaik Untuk Kendaraan Anda

Apalagi oli sintetik memiliki tingkat pengotor yang sangat rendah yang membantu mencegah pembentukan lumpur atau endapan kotoran di dalam mesin, memberikan umur yang sangat panjang, dan ini sangat mengurangi biaya minyak yang tinggi Menurut pengujian terbaru, oli mesin sintetis terbaik juga dapat meningkatkan konsumsi bahan bakar mobil .

BACA JUGA:  Alat Spooring Mobil Terbaik 2022 Yang Bisa Anda Pinang

Oli semi-sintetik adalah varian menengah baik dari segi performa maupun harga. Ini terdiri dari campuran minyak mineral dan minyak sintetis (hingga 30%). Meskipun jenis oli ini dapat memberi kita sejumlah keunggulan oli sintetik, namun tidak akan pernah sebaik ini.Iklim adalah faktor utama dalam memilih oli mesin terbaik.

Tips Memilih Oli Mesin Mobil Terbaik

Hal terpenting saat membeli oli mesin mobil terbaik adalah memilih viskositasnya (ketahanan terhadap aliran fluida) dengan cermat. Penting untuk diingat bahwa oli menjadi lebih cair dalam kondisi suhu tinggi, dan ini keluar. dalam kasus jalan panjang. Jadi sangat penting untuk menggunakan oli yang tetap cukup kental, dan ini ditonjolkan dengan bantuan aturan SAE (Society of Automotive Engineers).

Oli mesin yang beredar dan dijual di gerai bengkel sangat bervariatif baik dari sisi harga dan kualitas, namun tahukan anda bahwa ada jenis Oli berkualitas dengan harga yang kompetitif yang sudah melalui uji kelayakan dan sudah mendapatkan SERTIFIKAT JASO JEPANG dan SNI, Oli dengan teknologi Base Oil Ester ini adalah Oli X-TEN dimana ketahanan oli ini sanggup sampai dengan 15000 KM perjalanan dan menjadi rekomendasi oli motor matic terbaik di indonesia

Anda bisa mendapatkan Oli Berteknologi Base Oil Ester ini di bengkel-bengkel langganan anda saat ini.

Tips Memilih Oli Mesin Mobil Terbaik Untuk Kendaraan Anda
Tips Memilih Oli Mesin Mobil Terbaik Untuk Kendaraan Anda

Oli mesin terbaik dibagi menjadi dua kategori utama:

Oli tingkat tunggal sangat jarang karena hanya dapat digunakan oleh mesin yang beroperasi pada suhu yang relatif konstan (di gurun atau daerah yang sangat dingin). Mereka memiliki 11 derajat viskositas (enam untuk daerah dingin dan lima untuk daerah hangat);

Minyak multi-grade adalah yang paling banyak digunakan di negara kita. Ini diperkaya dengan sejumlah aditif yang memungkinkannya bekerja dengan baik dalam kisaran suhu antara -30 dan +100 derajat Celcius. Labelnya adalah satu-satunya yang memiliki dua set angka.

BACA JUGA:  Le Mans MotoGp 2022 Report: Kontroversi Lintasan

Misalnya oli 10W – 30 memiliki viskositas yang lebih rendah baik dingin maupun panas daripada oli dengan karakteristik 20W – 50. Gambar 10 menunjukkan viskositas pada suhu rendah, W berasal dari musim dingin (Winter) dan 30 adalah viskositas pada suhu tinggi suhu. Digit pertama dapat memiliki nilai antara 0 – 25 (dengan gradasi dari 5 dalam 5), dan digit kedua adalah antara 20 – 60 (dengan gradasi dari 10 dalam 10).

Tips Memilih Oli Mesin Mobil Terbaik Untuk Kendaraan Anda
Tips Memilih Oli Mesin Mobil Terbaik Untuk Kendaraan Anda

Penting untuk diketahui bahwa rangkaian angka kedua memberi tahu kita seberapa kental minyak panas itu. Angka 60, misalnya, hanya digunakan dalam kasus mobil balap, dan indeks yang direkomendasikan untuk sebagian besar mobil adalah 30-40. Jumlahnya penting ketika memilih oli mesin terbaik karena harga setiap liter menurun saat kita membeli oli mesin. lebih besar bisa.

Wadah modern memiliki kapasitas antara 750 gram dan 20 liter. Untuk penggantian oli lengkap, kami membutuhkan sekitar 5 liter (ini juga mencakup penambahan apa pun jika mobil kehilangan oli). Harga harus menjadi item terakhir setelah itu. kami akan memandu Anda . Bahkan jika minyak murah (dalam tahap pertama) sama baiknya dengan yang paling mahal, itu akan memiliki umur yang lebih lama.

Kesimpulan

Tips Memilih Oli Mesin mobil yang terbaik tidak hanya dilihat dari sisi harga saja, bukan berarti harga mahal oli ini cocok untuk kendaraan anda, terutama untuk kendaraan roda 4 khususnya mobil matic, ada baiknya cek terlebih dahulu kondisi kendaraan Anda di bengkel ganti oli mobil terdekat yang sudah berpengalaman dan memiliki teknisi profesional

Ingat pergantian oli itu seperti nyawa bagi kendaraan anda, jika anda jarang melakukan pergantian oli, maka kemungkinan besar kendaraan anda akan sering rewel dan mengalami kerusakan.

BACA JUGA:  All-New Yamaha MT-03 2022 Makin Agresif Dan Gahar

Salah memilih oli juga menjadi penyebab mobil susah distarter saat mesin dingin, jadi tetap berkonsultasi ke bengkel terpercaya dan profesional

Add a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Recent Posts

About Us

Torque
Torque
Blog Editor

Menulis bukan sekedar hoby, tapi menjadikan tulisan ada di halaman #1 pencarian Google (SERP) merupakah sesuatu yang tidak dapat dinilai dengan apapun. Karena menjadi yang terbaik adalah sebuah keinginan bukan cita-cita yang bisa dicapai hanya dengan rebahan.

Business Partner

Listing Terbaru

Bengkel Nawilis Ban Bogor, Spesialis Spooring Balancing
Hubungi Kami
General Service
Specialist

Newsletter

Subscribe newsletter kabar bengkel untuk mendapatkan informasi diskon produk dan artikel baru kami

Cari bengkel mobil terdekat di kota mu kini lebih mudah dengan situs kabarbengkel.com, pilih jaringan bengkel di sini dan nikmati pengalaman servis yang lebih baik dengan berbagai dukungan dari bengkel ternama dan modern di kota mu.
Open Chat
1
Kabar Bengkel Dotcom
Hallo Kak 👋
Ada yang bisa kami bantu?