Berapa Lama Service AC Mobil? Ini Yang Perlu Anda Ketahui
Berapa Lama Service AC Mobil? Ini Yang Perlu Anda Ketahui

Berapa Lama Service AC Mobil? Ini Yang Perlu Anda Ketahui

Berapa Lama Service AC Mobil? Ini Yang Perlu Anda Ketahui

Berapa Lama Service AC Mobil? – Anda mungkin berpikir “apa sebenarnya yang harus saya lakukan agar AC mobil saya bekerja dengan baik?” Dengan layanan service AC mobil, AC Anda dapat diubah menjadi sistem yang super efektif dan handal – tidak peduli berapa pun suhu diluar yang menerpa Anda!

AC mobil adalah fitur bawaan di sebagian besar mobil baru yang ada di pasaran. Namun, Anda mungkin tidak menyadari bahwa AC memerlukan perawatan rutin seperti halnya bagian kendaraan lainnya. Bahkan, Anda mungkin tidak tahu cara kerjanya sama sekali.

Apa itu service AC mobil?

Berapa Lama Service AC Mobil?

Seiring waktu, sistem pendingin udara mobil dapat kehilangan efisiensi karena kebocoran refrigeran, filter tersumbat, dan seal yang aus. Untuk menjaga AC mobil Anda, sangat disarankan agar Anda melakukan servis maksimal setiap 6 bulan.

Service AC mobil melibatkan evakuasi gas refrigeran dari AC Anda, menguji kebocoran, kemudian mengisi ulang dan memberi tekanan pada sistem. agar AC kendaraan anda tetap berjalan dengan baik maka disarankan minimal dilakukan pengecekan setiap 3 bulan sekali. Jika Anda bertanya tanya berapa lama service AC mobil tergantung seberapa parah kerusakan yang terjadi pada sistem AC mobil Anda.

Bagaimana Cara Kerja AC Mobil?

Berapa Lama Service AC Mobil?
Berapa Lama Service AC Mobil?

Sistem AC mobil Anda terdiri dari lima bagian integral:

  • Refrigeran (gas)
  • Kompresor (yang berisi refrigeran)
  • Condenser
  • Receiver
  • Thermal expansion valve
  • Evaporation coils
BACA JUGA:  Cara Memilih Laptop Bisnis Terbaik Untuk Usaha Bengkel

Ketika sistem AC diaktifkan, refrigeran (gas) bergerak ke kondensor. Udara segar dari atmosfer melewati kondensor, yang menyebabkan suhu gas turun dan menjadi cair.

Cairan itu melewati penerima, yang menghilangkan kotoran, sebelum mencapai katup ekspansi termal. Katup memungkinkan Anda untuk mengontrol suhu dengan menyesuaikan aliran cairan. Cairan tersebut kemudian berubah menjadi uap saat melewati kumparan penguapan, yang kemudian dihembuskan ke kabin sebagai udara dingin. Refrigeran telah menjadi gas lagi pada titik ini, dan kembali ke kompresor siap untuk memulai proses dari awal lagi.

Baca Juga:

Indikator Airbag Menyala? Ini Cara Reset Tanpa Scanner

Aturan umum adalah bahwa AC kendaraan Anda perlu diisi ulang dengan gas setiap dua tahun. Alasannya karena diperkirakan mobil Anda menyerap antara 10 – 15% gas dari sistem setiap tahun; dan itu bahkan sebelum Anda menggunakannya!

Layanan pendingin udara juga memberikan waktu yang tepat untuk menghilangkan gangguan sistem, yang pada dasarnya mendekontaminasi seluruh sistem. Hal ini direkomendasikan karena aspek sistem pendingin udara merupakan tempat berkembang biaknya bakteri, yang pada gilirannya menyebabkan bau tak sedap.

Catatan: Mengabaikan bakteri yang menumpuk di sistem AC Anda berpotensi berdampak buruk pada alergi.

Berapa Lama Service AC Mobil?

Berapa Lama Service AC Mobil?
Berapa Lama Service AC Mobil?

Jadi berapa lama service AC mobil? Disarankan agar Anda melakukan regas pada sistem pendingin udara mobil Anda setiap tiga hingga enam bulan. Sementara beberapa mobil dapat bertahan selama satu tahun sebelum membutuhkan service, yang terbaik adalah menempatkan mobil

Anda melalui layanan reguler untuk menjaga kompresor mobil Anda (perangkat yang digerakkan oleh sabuk yang mentransfer gas pendingin ke kondensor) dalam kondisi yang baik. Bahkan kendaraan dengan desain terbaik pun akan kehilangan sekitar 10% gas pendingin dalam sistem pendingin udara mereka setiap tahun.

BACA JUGA:  Jasa Optimasi Google Bisnisku Solusi Pemasaran Digital Bengkel

Sistem pendingin udara mobil Anda harus dianggap seperti mesin mobil Anda dan kinerja keseluruhannya. Anda tidak harus menunggu sampai mobil Anda mati sebelum Anda memperbaikinya, jadi mengapa menunggu sistem pendingin udara rusak sebelum Anda memasangnya kembali? Seberapa sering Anda memasang kembali AC mobil Anda akan mengurangi jumlah potensi masalah yang mungkin timbul lebih jauh.

Perawatan AC adalah bagian terpenting dari perawatan mobil, jangan sampai keluarga tercinta kita menghirup udara kotor yang keluar dari AC mobil anda, sama halnya seperti perawatan Spooring & Balancing yang harus anda lakukan untuk pengecekan minimal 3 sampai 6 bulan sekali

cara mengetahui ac rusak

Bagaimana Mengenalinya Air Conditioner Mobil Anda Perlu Diservice

  • Udara yang dihembuskan dari ventilasi mobil Anda tidak terasa sedingin dulu. Ini adalah tanda yang paling jelas bahwa Anda perlu AC mobil Anda disemprot ulang.
  • Pada hari-hari yang panas, AC mobil Anda benar-benar berjuang untuk menurunkan suhu kendaraan Anda ke tingkat yang nyaman.
  • AC mobil Anda mengeluarkan bau apek yang tidak sedap. Bau ini disebabkan oleh penumpukan uap air, partikel dan kotoran yang terkumpul di dalam gas pendingin.
  • Anda mendengar suara benturan, derak, atau gerinda aneh yang berasal dari sistem AC mobil Anda.

Dimana Saya Bisa Melakukan Service AC Mobil?

Sebagai referensi kami berikut ini adalah daftar bengkel yang bisa anda kunjungi untuk melakukan perbaikan atau sekedar pengecekan AC mobil kendaraan anda:

Perawatan rutin AC mobil akan mengurangi biaya service kedepannya, jika kita kurang dalam pemeliharaan maka bisa jadi biaya yang keluar justru akan lebih besar lagi, cek kodisi AC mobil Anda di bengkel mobil terdekat jaringan bengkel kami di halaman Palu Gada..

BACA JUGA:  Mobil Listrik Terbaik 2023 Yang Bisa Anda Pinang, Ini Daftarnya

Add a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Recent Posts

About Us

Torque
Torque
Blog Editor

Menulis bukan sekedar hoby, tapi menjadikan tulisan ada di halaman #1 pencarian Google (SERP) merupakah sesuatu yang tidak dapat dinilai dengan apapun. Karena menjadi yang terbaik adalah sebuah keinginan bukan cita-cita yang bisa dicapai hanya dengan rebahan.

Business Partner

Listing Terbaru

Bengkel Nawilis Ban Bogor, Spesialis Spooring Balancing
Hubungi Kami
General Service
Specialist

Newsletter

Subscribe newsletter kabar bengkel untuk mendapatkan informasi diskon produk dan artikel baru kami

Cari bengkel mobil terdekat di kota mu kini lebih mudah dengan situs kabarbengkel.com, pilih jaringan bengkel di sini dan nikmati pengalaman servis yang lebih baik dengan berbagai dukungan dari bengkel ternama dan modern di kota mu.
Open Chat
1
Kabar Bengkel Dotcom
Hallo Kak 👋
Ada yang bisa kami bantu?