Cara Membuat Semir Ban Mobil Super Kinclong
Cara Membuat Semir Ban Mobil Super Kinclong

Cara Membuat Semir Ban Mobil Super Kinclong

Januari 1, 2022

Cara Membuat Semir Ban Mobil Super Kinclong

Cara Membuat Semir Ban Mobil Super Kinclong – Tidak lengkap rasanya jika sebuah kendaraan yang habis di cuci atau dipoles tidak diberikan semir ban sebagai pelangkap kecantikan mobil yang sudah bersih dan kinclong.

Ban yang super kinclong kadang membuat mata melirik untuk memandang indahnya body kendaraan setelah dilakukan proses pemolesan cat, tidak lengkap rasanya seperti sayur tanpa garam, jika kita melihat kendaraan yang sudah mengkilap tapi kondisi ban masih kusam, jadi hilang inner beauty nya yah sob.

Banyaknya para pengusaha yang bergerak dibidang salon mobil ini, membuat permintaan bahan semir ban cukup tinggi, apalagi di era poles mobil yang sedang booming di tahun 1995an seperti artikel yang saya buat tentang Rahasia bengkel salon mobil di era tahun 1995an yang sobat bisa baca, apa saja tips dan trik serta kecelakaan kerja yang mampu ditutupi oleh pemilik bengkel salon mobil.

3 Cara Membuat Semir Ban Mobil Super Kinclong
3 Cara Membuat Semir Ban Mobil Super Kinclong

Bicara soal bahan semir ban, dari zaman ke zaman mungkin bagi para penggiat usaha salon mobil tetap setia dengan bahan kimia berupa silicon emoltion, walaupun sebetulnya masih ada bahan lain yang bisa digunakan sebagai racikan agar menambah kinclong untuk sepatu kendaraan ini.

Sebelum membuat racikan bahan semir ban kali ini Mimin Kabar Bengkel akan mengurutkan bahan apa saja yang akan kita gunakan dalam meracik semir ban kali ini. Selain obat semir ban bahan obat coating mobil juga salah satu material yang saat ini banyak dicari oleh pebisnis kecantikan mobil.

Bagaimana cara memilih obat coating mobil terbaik untuk usaha salon mobil Anda? dan bagaimana penggunaan dari nano ceramic ini? Anda bisa melihat ulasan yang di tulis disitus kami yang lain yaitu Optimasi Bisnisku.

Cara Membuat Semir Ban Mobil Super Kinclong

1. Cara Membuat Semir Ban Mobil Menggunakan Bahan Silicon Emulsion

Apa sih silicon emulsion itu ? ini dia penjelasan yang mungkin bisa kalian tahu dan wajib tahu supaya tidak salah dalam meracik cara membuat semir ban.

BACA JUGA:  Software Akuntansi Kledo, Software Akuntansi Online Pilihan Bengkel

silikon emulsion adalah silikon murni yang diemulsikan dengan air disertai dengan penambahan bahan pengemulsi atau disebut juga elmusifier.

Pada usaha salon kendaraan, baik itu salon motor maupun salon mobil, salah satu bahan pokok yang dibutuhkan adalah bahan pengkilap. Dan salah satu kegunaan silikon emulsion adalah untuk mengkilapkan. Bahan pengkilap ini biasanya digunakan pada saat finishing.

Yaitu setelah kendaraan motor atau kendaraan mobil dicuci bersih, kemudian dilap kering,  baru setelah itu, dioleskan bahan pengkilap atau silikon emulsion. Sehingga silikon emulsion ini cocok untuk mengkilapkan dalam usaha salon kendaraan, baik itu salon motor maupun salon mobil.

Namun dalam aplikasinya, jumlah kebutuhan silikon emulsion untuk mengkilapkan kendaraan bermotor biasanya tidak sedikit.

Cairan silikon umumnya terdapat dalam 2 bentuk, yaitu silikon oil atau cairan silikon murni dan silikon.
Meskipun cairan silikon murni dapat memberikan efek mengkilap yang lebih baik, namun pada umumnya, para pengusaha salon kendaraan lebih suka memilih silikon emulsion. Hal ini disebabkan karena harganya yang jauh lebih murah.

Pada prinsipnya, silikon merupakan campuran antara silikon oil atau silikon murni dengan air. Namun karena kedua zat tersebut mempunyai sifat tidak bisa tercampur dengan sempurna, maka diperlukan sebuah zat yang bernama emulsifier sehingga terbentuk silikon elmusion.

Apa Sih Silicon Emulsion?

Emulsifier sendiri merupakan bahan yang digunakan untuk menggabungkan air dan minyak di suatu komposisi formula. Emulsifier sendiri bisa dibedakan dalam bentuk dua jenis emulsifier utama, yaitu yang pertama adalah W/O atau yang biasa disebut water in oil dan yang kedua atau istilahnya dikenal lebih umum digunakan dalam masyarkat sekitar adalah O/W atau yang biasa disebut oil in water.

Berdasarkan bentuk wujud emulsifier itu sendiri, emulsifier sendiri dapat dibedakan menjadi dua jenis bentuk, yaitu emulsifier dalam bentuk bahan padat atau solid dan emulsifier dalam bentuk bentuk bahan cair atau liquid. Perbedaan emulsifier – emulsifier setiap jenisnya umumnya terletak di angka HLB atau hydrophilic – lipophilic balance pada emulsifier tersebut. Yang mendefinisikan apakah pada minyak tersebut bisa menyatu dengan air.

Sebelum lanjut pembahasan berikutnya buat sobat otomotif yang ingin tahu rahasia bengkel salon mobil di tahun 1995an baca juga nih artikel Rahasia bengkel salon mobil di era 19995an

2. Bahan Yang Kedua Adalah Glycerine

Gliserin (Glycerine) adalah salah satu bahan untuk membuat semir ban, cairan kental yang tidak berwarna dan rasanya manis. Gliserin memiliki titik didih tinggi dan membeku dalam bentuk pasta. Yang paling umum digunakan gliserin adalah dalam sabun dan produk kecantikan lainnya seperti lotion, atau bahkan digunakan untuk membuat dinamit (dalam bentuk nitrogliserin).

BACA JUGA:  AUTEL MaxiCheck MX808 Scanner Berbasis Android

Cairan ini sangat populer dalam produk kecantikan karena merupakan humektan – itu menyerap air dari lingkungan. Dengan demikian, gliserin dapat membantu untuk menyegel kelembaban.

Punya Bengkel Tapi Masalah Dengan Sistem Operasional? Cobain Nih Sob!

Aplikasi Bengkel Online Canggih Dengan Teknologi Web dan Mobile Apps
3 Cara Membuat Semir Ban Mobil Super Kinclong
3 Cara Membuat Semir Ban Mobil Super Kinclong

Baca Juga:

APLIKASI SCANNER ANDROID OBD2 TERBAIK DOWNLOAD GRATIS

Gliserin dapat dilarutkan dengan mudah menjadi alkohol dan air tetapi tidak menjadi minyak. Senyawa kimia murni disebut Gliserol, yang menunjukkan bahwa itu adalah alkohol.

Gliserin mudah menyerap air dari udara sekitarnya, berarti gliserin bersifat higroskopis. Jika ada gliserin dibiarkan di tempat terbuka, gliserin tersebut akan menyerap air dari udara sekitarnya hingga cairan tersebut mengandung 20% air. Jika gliserin ditempatkan di lidah akan membuat lidah kering karena dehidrasi.

Ketika produk kecantikan yang mengandung senyawa ini digunakan pada kulit sebagai pelembab, maka gliserin dapat membantu menjaga kelembaban kulit tersebut.

Bahan dasar pembuatan gliserin berubah dari waktu ke waktu. Pada tahun 1889, misalnya, gliserin bisa didapatkan dari para pengrajin lilin. Pada saat itu, lilin yang terbuat dari lemak hewan yang berfungsi sebagai bahan dasar pembuatan gliserin.

Proses ekstraksinya cukup rumit dan ada beberapa cara untuk melakukannya. Cara termudah adalah dengan mencampur lemak dengan larutan alkali. Ketika dua dicampur, sabun terbentuk dan gliserin kemudian terbentuk.

3. Bahan berikutnya adalah TARTRAZINE atau lebih dikenal dengan bahan pewarna makanan

Dalam artikel ini saya mengambil warna kuning lemon yah sob tujuannya adalah agar warna semir ban lebih menarik dari biasanya.

Tartrazin (dikenal juga sebagai E102 atau FD&C Yellow 5 atau sunset yellow). Merupakan pewarna kuning lemon sintetis yang umum digunakan sebagai pewarna makanan.

Tartrazin merupakan turunan dari coal tar, yang merupakan campuran dari senyawa fenol, hidrokarbon polisiklik, dan heterosklik. Karena kelarutannya dalam air, tartrazin umum digunakan sebagai bahan pewarna minuman.

Untuk menghasilkan warna lain, tartrazin dapat dicampurkan dengan E133 Biru Brilian Brilliant Blue FCF atau E142 Hijau Green S untuk menghasilkan sejumlah variasi warna hijau. Parlemen Eropa mengizinkan penggunaan senyawa ini di negara Uni Eropa dengan Surat Keputusan Konsul (Council Directive) 94/36/EC.

BACA JUGA:  Scan Tool Mobil OBD2 Diagnostic Terbaik di Tahun 2022

Rumus Kimia

Rumus molekul tartrazine adalah : C16H9N4Na3O9S2 dan nama IUPAC dari tartrazine adalah : Trisodium (4E)-5-oxo-1-(4-sulfonatophenyl)-4-[(4-sulfonatophenyl)hydrazono]-3-pyrazolecarboxylate.

Pada tutorial cara membuat semir ban mobil kali ini saya akan membuat berbandingan untuk 1 liter bahan semir ban untuk menghasilkan kilau sempurna.

Racikan Bahan Semir Ban

  • Untuk komposisi pertama ambil 100 ml Glycerine dan tuangkan kedalam takaran 2 liter, tujuan nya adalah supaya saat kalian mengaduk bahan tidak luber kemana mana sob.
  • Komposisi kedua adalah ambil 0,5 liter ( 500 ml ) silicon emulsion dan masukan kedalam takaran 2 liter pertama tadi, takaran 0,5 Liter ini sudah cukup sebagai komposisi untuk hasil yg memuaskan sob, kalian masukan sedikit demi sedikit sambil diaduk rata sob, dan ingat untuk mengaduk bahan ini usahakan menggunakan bahan dari kayu supaya kualitas semir ban tetap terjaga.
  • Komposisi ketiga kalian ambil tartrazine sekitar 10 gr saja, atau sesuai kebutuhan warna yang kalian inginkan dan aduk sampai rata hingga tercampur dengan bahan yang lainnya.

Proses mencampurkan ke tiga bahan diatas harus kalian lakukan sampai semua bahan terlihat menyatu sob, terutama bahan Glycerine karena bahan tersebut sedikit kental dan tidak mudah larut jika tercampur dengan silicon emulsion.

Setelah semua bahan tercampur kalian masukan 400 ml air Aqua sob, ingat yah air yang digunakan bukan air keran biasa, kalian bisa membeli air aqua di toko kimia yang bayak disediakan.

larutkan semua bahan sampai benar benar larut dan kalian bisa langsung coba hasil dari komposisi 3 bahan diatas di ban kendaraan, dan hasil nya waaaw kinclong sob, dan mampu bertahan sampai 1 minggu asal mobil gak kehujanan yah sob.

Semoga bermanfaat yah sob artikel cara membuat semir ban mobil super kinclong kali ini, eksperimen diatas mimin lakukan saat bekerja pada sebuah bengkel salon mobil yang besar di jakarta sob, dan cukup terkenal saat itu, mudah-mudahan kalian bisa melakukan eksperimen ini dengan benar yah sob.

cara membuat semir ban
Cara Membuat Semir Ban

Merawat ban tidak hanya sekedar kiclong yah sob, kalian harus merawat kondisi ban agar tidak terjadi keausan dengan melakukan spooring secara teratur, nah bicara bengkel spooring terdekat kalian bisa melakukan perawatan keselarasan roda di Mutiara Car Care bengkel spooring terdekat depok

Salam Otomotif

Add a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Recent Posts

About Us

Torque
Torque
Blog Editor

Menulis bukan sekedar hoby, tapi menjadikan tulisan ada di halaman #1 pencarian Google (SERP) merupakah sesuatu yang tidak dapat dinilai dengan apapun. Karena menjadi yang terbaik adalah sebuah keinginan bukan cita-cita yang bisa dicapai hanya dengan rebahan.

Business Partner

Listing Terbaru

Bengkel Nawilis Ban Bogor, Spesialis Spooring Balancing
Hubungi Kami
General Service
Specialist

Newsletter

Subscribe newsletter kabar bengkel untuk mendapatkan informasi diskon produk dan artikel baru kami

Cari bengkel mobil terdekat di kota mu kini lebih mudah dengan situs kabarbengkel.com, pilih jaringan bengkel di sini dan nikmati pengalaman servis yang lebih baik dengan berbagai dukungan dari bengkel ternama dan modern di kota mu.
Open Chat
1
Kabar Bengkel Dotcom
Hallo Kak 👋
Ada yang bisa kami bantu?